Berita Populer

جمع

Wakil Presiden Ma’ruf Kembali ke Jakarta Setelah Kunjungan Kerja 5 Hari ke Jepang


Jepang

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin pulang ke Jakarta setelah melakukan kunjungan kerja selama 5 hari ke Jepang. Sebelum berangkat ke Jakarta, Ma’ruf Amin dilepas oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi.

Pada Kamis (9/3/2023) Ma’ruf Amin berangkat dari Bandara Internasional Kansai menuju Bandara Soekarno Hatta, Jakarta sekitar pukul 10.30 waktu setempat. Selain dilepas oleh Dubes Jepang Heri Akhmadi, Ma’ruf Amin dan rombongan juga dilepas oleh Konsul Jenderal RI Osaka Diana Emilla Sari Sutikno.

Ma’ruf Amin melakukan serangkaian kegiatan selama berada di Jepang, dari meresmikan Masjid Istiqlal Osaka, melakukan pertemuan dengan pengusaha Chairman Ezaki Glico Co. Ltd. Ezaki Katsuhisa di Osaka, Jepang untuk membahas perluasan jejaring industri halal, hingga dialog kebangsaan dengan WNI di Osaka, Jepang. Dia juga melakukan dialog bersama diaspora Indonesia pelaku usaha industri halal dan Gubernur Perfectur Kyoto Takatoshi Nishiwaki.

Di Kyoto, Ma’ruf Amin menjadi pembicara di depan mahasiswa Universitas Kyoto, membahas toleransi agama di Indonesia dan menyerukan pentingnya dialog lintas agama. Selain itu, Ma’ruf Amin bertemu dengan Pengurus Cabang Istimewa Nadhlatul Ulama (PCINU) di Kyoto, Jepang dan turut menyaksikan penandatanganan kerjasama keuangan syariah antara Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dengan Center For Islamic Area Studies – Universitas Kyoto (KIAS).

Ma’ruf Amin berharap setelah penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan, akan segera dilakukan pengkajian ekonomi syariah. Dia juga mengingatkan tentang Islam moderat di Jepang dalam dialognya dengan Pengurus Cabang Istimewa Nadhlatul Ulama (PCINU) di Kyoto, Jepang.

[Gambas:Video 20detik]