Berita Populer

جمع

Transaksi Nego Misterius Rp471 M, Saham Apa?

Sumber: cnbcindonesia.com

Nilai transaksi di luar pasar reguler mencapai Rp471,36 miliar pada 11 April 2023. Dalam transaksi tersebut, terjadi volume perdagangan sebesar 849,3 juta saham yang dijalankan dalam 722 kali transaksi. Padahal, marak terjadi transaksi bernilai triliunan di pasar negosiasi belakangan ini. Namun, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara jeli memperkirakan bahwa itu masih dalam batas wajar.

Transaksi Nego di Pasar Negosiasi BEI Terbuka bagi Tujuan Tertentu

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif dan Bursa Karbon OJK, Inarno Djajadi mengatakan bahwa transaksi negosiasi di pasar negosiasi dibuka untuk tujuan tertentu sesuai dengan peraturan perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI). Tujuan utamanya adalah untuk memungkinkan pihak terkait untuk dapat melakukan transaksi dalam jumlah besar dan mencakup akuisisi atau perubahan pengendalian perusahaan tercatat.

BEI dan OJK Mengawasi Transaksi di Pasar Modal

Bursa Efek Indonesia dan OJK melakukan pengawasan terhadap pihak-pihak yang bertransaksi di pasar modal. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya manipulasi pasar saham atau pelanggaran-pelanggaran lain yang terkait dengan perdagangan saham. Selain itu, jika terdapat kecurigaan terkait dengan transaksi, langkah pertama OJK adalah meminta informasi dari para emiten atau pihak yang melakukan transaksi mengenai tujuan transaksinya.

Transaksi Jumbo Mempengaruhi Pasar Modal RI

Menurut Inarno Djajadi, transaksi jumbo mempengaruhi pasar modal Indonesia. Terkait dengan akuisisi oleh perusahaan asing dengan nilai premium, transaksi jumbo dapat memberikan sinyal positif investasi yang baik di Indonesia.