Berita Populer

جمع

TPID Bali Menciptakan Strategi untuk Menekan Laju Inflasi di Hari Raya

/ist/TPID Bali Rumuskan Strategi Tekan Laju Inflasi Jelang Hari Raya.

TPID Provinsi Bali telah mengadakan pertemuan tingkat tinggi (High Level Meeting, HLM) pada hari Senin, 20 Maret 2023. Wakil Gubernur Bali, Tjok. Oka Sukawati mewakili Gubernur Koster dalam memimpin pertemuan tersebut. Pertemuan ini diadakan di Ruang Rapat Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali dan merupakan upaya preventif pengendalian harga menjelang Hari Raya Nyepi Caka 1945 dan Bulan Ramadhan 1444 hijriyah.

Komitmen TPID dalam Menjaga Kestabilan Harga

TPID Provinsi Bali terus berupaya mempertahankan stabilitas harga menjelang Hari Raya dan Bulan Ramadhan. Pemerintah berkolaborasi dengan instansi terkait untuk menciptakan strategi yang efektif. Wakil Gubernur Bali, Tjok. Oka Sukawati, menyatakan bahwa pertemuan ini merupakan bentuk semangat dan komitmen dalam menjaga kestabilan harga untuk mencapai inflasi yang rendah dan stabil.

Pertemuan TPID Bali: Apresiasi atas Kinerja Anggota

Wakil Gubernur Bali, Tjok. Oka Sukawati, berterima kasih dan memberikan penghargaan kepada anggota TPID se-Provinsi Bali yang telah bekerja keras dalam menjaga stabilitas harga di wilayah masing-masing. Ia menambahkan bahwa tingkat inflasi di Bali saat ini masih cukup tinggi. Pada bulan Februari 2023, gabungan tingkat inflasi Kota Denpasar dan Singaraja mencapai 0,07% (mtm) atau 6,35% (yoy), meningkat dari bulan sebelumnya yang mencapai 0,66% (mtm). Tekanan inflasi yang terjadi berasal dari kenaikan harga beras dan bahan bakar rumah tangga, sedangkan penurunan harga canang sari dan daging ayam ras menahan tekanan inflasi yang lebih tinggi.

TPID Provinsi Bali telah melakukan beberapa upaya untuk mengendalikan tingkat inflasi, seperti memperkuat koordinasi antara TPID Provinsi Bali dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Bali. TPID memantau kestabilan harga di pasar dan memastikan ketersediaan pasokan untuk mengantisipasi lonjakan harga yang tiba-tiba. Selain itu, pemerintah daerah juga bekerja sama dengan dinas terkait dalam memastikan pengendalian harga Barang Kena Pajak (BKP) dan Barang Tidak Kena Pajak (BTKP).

Kesimpulan

Pertemuan TPID Provinsi Bali pada tanggal 20 Maret 2023 adalah bentuk komitmen pemerintah dan instansi terkait dalam menjaga kestabilan harga menjelang Hari Raya dan Bulan Ramadhan. Pemantauan harga terus dilakukan sebagai upaya pencegahan terhadap lonjakan harga yang tiba-tiba. TPID Provinsi Bali telah memastikan ketersediaan pasokan dengan memperkuat kerjasama antara TPID Provinsi Bali dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Bali. TPID Provinsi Bali dan dinas terkait juga bekerja sama dalam memastikan pengendalian harga Barang Kena Pajak (BKP) dan Barang Tidak Kena Pajak (BTKP).