Berita Populer

جمع

Tiktoker Bima yang Mengkritik Lampung Dilaporkan ke Polisi

Seorang tiktoker bernama Bima Yudho Saputro dilaporkan ke Polda Lampung atas dugaan penghinaan terhadap pemerintah provinsi Lampung dalam sebuah video viral. Ginda Ansori, seorang warga, melaporkan Bima atas dugaan pelanggaran ujaran kebencian yang mengandung SARA pada tanggal 13 April 2023 dengan nomor laporan LP/B/161/IV/2023/SPKT/POLDA LAMPUNG.

Pasal 28 Ayat 2 UU ITE berkaitan dengan ujaran kebencian yang mengandung unsur SARA terkait kalimat yang diucapkan “gue berasal dari provinsi yang satu ini dajjal”. Menanggapi laporan ini, Kasubdit V Cybercrime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Lampung, AKBP Heti Patmawati membenarkannya.

Tiktoker Bima telah menjadi perhatian publik karena kritikannya terhadap pemerintah provinsi Lampung. Namun, kritikannya dianggap memberikan pengaruh negatif terhadap nama baik Lampung serta secara tidak langsung dianggap menebar kebencian dan diskriminasi terhadap penduduk Lampung.

Upaya Bima untuk mengkritik pemerintah dengan spontan dan terbuka sangat disayangkan. Sementara itu, pemuda-pemuda harus memiliki kesadaran untuk mempertimbangkan dampak dari kata-kata yang akan disampaikan dalam platform publik. Pemerintah dan masyarakat juga harus bekerja sama untuk meningkatkan kesadaran hukum terhadap tindakan penghinaan secara online.

Kita harus saling menghargai dan menghormati perbedaan agar dapat menciptakan lingkungan yang lebih harmonis dan damai.

Saksikan Sosok minggu ini: Kartini Kisam, Kisah Pelestari Tari Topeng Betawi