Berita Populer

جمع

Tetap Ada Hukuman Bagi Sambo dan Putri: Eksekusi Mati dan 20 Tahun Penjara

Dalam sidang vonis di tingkat banding, Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, pasangan terpidana pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat, tidak bisa terbebas dari vonis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, permohonan banding sambo dan putrinya ditolak.

Ferdy Sambo Diadili Mati
Sementara Ferdy Sambo tetap dijatuhi hukuman mati, Putri divonis 20 tahun penjara. Hakim ketua Singgih Budi Prakoso dalam sidang Pengadilan Tinggi DKI menguatkan putusan awal PN Jaksel 796/Pid.B/2022/PN JKT.SEL tertanggal 13 Februari 2023, yang dipintakan banding oleh sambo dan Putri.

Mantapkan Vonis
Hakim Singgih mengatakan bahwa majelis tinggi PT DKI tidak memiliki wewenang untuk memberikan ulasan dan juga tidak diajukan upaya hukum banding sehingga tidak diketahui apa yang menjadi pertimbangan hakim atas putusan Eliezer. Ferdy Sambo juga mempermasalahkan vonis mati terhadap dirinya dalam memori bandingnya. Namun, majelis hakim banding mengungkapkan bahwa hukuman mati masih berlaku di Indonesia dan pidana mati yang dijatuhkan hakim di tingkat pertama secara normatif masih berlaku di Indonesia.

Pelanggar Hukum Berat Bertanggung Jawab
Sejalan dengan putusan tersebut, Sambo dan Putri harus bertanggung jawab atas tindakan mereka. Sebab, pelanggaran hukum berat harus dikawal dan mendapatkan hukuman yang pantas. Harapan bahwa kedua terpidana memperoleh kelonggaran dari hukuman di tingkat banding tidak terwujud. Dengan adanya putusan ini, diyakini dapat menjadi pembelajaran bagi masyarakat untuk tidak melakukan tindakan pidana yang dapat membahayakan kehidupan orang lain.

Perhatikan Putusan Pengadilan
Perlu diingat bahwa keputusan dari pengadilan tetaplah mutlak dan harus dilaksanakan sesuai hukum yang berlaku. Bagi siapa pun yang terlibat dalam sistem hukum, baik sebagai pelaku, korban, hingga aparat penegak hukum, harus patuh dan menghormati putusan pengadilan. Begitu juga dengan masyarakat, harus memahami dan memerhatikan keputusan pengadilan sebagai pijakan moral untuk melakukan tindakan yang benar di kehidupan sosial.

Simak Detail Keputusan Pengadilan
Jangan lewatkan detail keputusan pengadilan terkait hukuman bagi Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi dengan membaca berita di halaman berikutnya. Berita ini diharapkan dapat memberikan informasi yang jelas dan memadai mengenai sidang vonis dan putusan hakim.