Berita Populer

جمع

Telkomsel Ungkap Perilaku Konsumen Selama Ramadan, Ini Hasilnya


Jakarta

Telkomsel Enterprise melalui tSurvey.id merilis hasil riset dan survei terbarunya terkait Ramadan Client Habits Perception 2023. Riset tersebut melibatkan lebih dari 2.500 responden dari pelanggan Telkomsel yang tersebar di 27 provinsi Indonesia dengan berbagai latar belakang.

Hasil riset dan survei tersebut menghasilkan beberapa temuan yang dapat dijadikan panduan para pelaku bisnis dalam menjangkau pasar yang lebih luas melalui program advertising Ramadan. Salah satunya, tSurvey.id menemukan temuan terkait pola mudik lebaran masyarakat.

Sebanyak 72 persen responden lebih memilih mudik untuk libur Lebaran, di mana sebagian besar responden mulai membeli tiket transportasi umum dan menyiapkan anggaran untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Hasil survei juga menunjukkan sebanyak 28 persen responden memilih untuk berlibur ke kota lain. Responden yang mudik menggunakan transportasi umum, sebanyak 81 persen di antaranya mulai membeli tiket sekitar satu minggu hingga satu bulan sebelum hari lebaran.

Kemudian, responden yang mudik menggunakan kendaraan pribadi sebagian besar menyiapkan anggaran untuk servis kendaraan, yakni 64 persen responden menyiapkan anggaran servis kendaraan hingga Rp 1 juta, serta 60 persen responden lebih memilih bengkel resmi yang terpercaya untuk servis kendaraannya.

Survei konsumen Telkomsel Foto: dok. Telkomsel

“Dengan dirilisnya hasil riset dan survei dari solusi tSurvey.id ini dapat menjadi panduan bagi para pelaku bisnis dalam menjangkau pasar yang lebih luas melalui program advertising Ramadan-nya, sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan pelanggan yang beragam selama momen Ramadan dan mudik lebaran tahun 2023,” kata Vice President Information Options Telkomsel Alfian Manullang dalam keterangan tertulis, Selasa (11/4/2023).

“Sebagai digital ecosystem enabler, Telkomsel berkomitmen untuk selalu dapat memberikan layanan terdepan dan bernilai tambah melalui berbagai layanan digital dan inisiatifnya, sehingga bisa membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi para pelaku bisnis dan masyarakat dengan memaksimalkan potensinya melalui pemanfaatan teknologi digital,” lanjut Alfian.

Lebih lanjut terkait pola aktivitas saat Ramadan, 40 persen responden dalam riset tersebut memilih masuk kerja tepat waktu dan pulang lebih cepat agar bisa menikmati waktu menunggu berbuka di rumah, 45 persen di antaranya memasak untuk berbuka dan 36 persen lebih memilih menonton tayangan streaming untuk menunggu waktu berbuka. Sekitar 60 persen responden juga lebih suka memasak makanan mereka sendiri untuk sahur dan berbuka.

Selain itu, terdapat perception lain terkait makanan alternatif untuk sahur dan berbuka, frozen meals menjadi alternatif favorit untuk sahur dengan persentase 23 persen, sedangkan meals supply menjadi alternatif favorit untuk makanan berbuka dengan persentase 30 persen.

Alfian menambahkan bersamaan dengan pemerintah yang sudah membuka kemudahan pembatasan aktivitas masyarakat pascapandemi, aktivitas dan mobilitas masyarakat di luar rumah mulai meningkat. Berbuka puasa bersama di restoran menjadi preferensi favorit responden, diikuti dengan berbuka puasa bersama di rumah kerabat.


Simak Video “Telkomsel Bakal Merger dengan IndiHome
[Gambas:Video 20detik]