Berita Populer

جمع

Survei SMRC: Ganjar 16,5%, Prabowo 16,3%, Anies 9,8%

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), sebuah lembaga survei, baru-baru ini merilis hasil survei elektabilitas bakal calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Survei ini menunjukkan, Ganjar Pranowo, kader PDIP yang sempat dikalahkan oleh Prabowo Subianto, kembali ke posisi pertama.

Tingkat Keterpilihan Capres:
– Ganjar: 16,5%
– Prabowo: 16,3%
– Anies Baswedan: 9,8%
– Joko Widodo: 9,2%
– Ridwan Kamil: 1,6%
– Belum menjawab: 42,2%

Survei dilakukan terhadap 1.216 responden yang dipilih melalui teknik random digit dialing (RDD), yaitu teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei ini sekitar ±2,9% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling. Survei dilakukan pada 11-14 April 2023.

Dalam simulasi top of mind, atau pilihan yang pertama kali muncul, Ganjar mendapat dukungan tertinggi. Ganjar menang tipis atas Ketua Gerindra Prabowo Subianto. Kemudian, di posisi ketiga ada Anies Baswedan yang didukung oleh Koalisi Perubahan.

Deni Irvani, Direktur Riset SMRC mengatakan, terjadi pergeseran posisi antara Ganjar dengan Prabowo. Pada survei minggu pertama April, Prabowo berada di posisi pertama disusul Ganjar. Namun, minggu kedua, Ganjar menguat dan Prabowo menurun. Ada peningkatan suara Ganjar dari 13 persen di minggu pertama April 2023 menjadi 16,5 persen di minggu kedua April 2023. Sementara Prabowo mengalami pelemahan dari 18,3 persen menjadi 16,3 persen di periode yang sama. Sementara suara Anies Baswedan relatif stagnan, bergerak dari 10,7 persen menjadi 9,8 persen.

“Secara keseluruhan, suara Ganjar yang sempat turun mulai kembali menguat. Dukungan publik pada Ganjar mulai pulih,” jelas Deni.

Berdasarkan hasil survei ini, Ganjar Pranowo adalah kandidat yang paling diunggulkan. Namun, hasil survei ini tentu saja tidak bisa dijadikan satu-satunya acuan dalam menentukan pemenang Pilpres 2024. Setiap kandidat tentu memiliki kemampuan dan strategi masing-masing dalam menggaet suara masyarakat.