Berita Populer

جمع

Setelah 7 Tahun, Kedutaan Besar Iran di Saudi Akhirnya Dibuka!


Hubungan Iran-Arab Saudi Kembali Membaik Setelah 7 Tahun

Kedutaan Besar Iran di Arab Saudi akhirnya dibuka kembali setelah tujuh tahun terakhir. Keputusan ini diambil setelah kedua negara sepakat untuk memulai kembali hubungan diplomatik yang terputus selama bertahun-tahun.

Delegasi Teknis Iran Telah Tiba di Riyadh

Pintu gerbang utama pada kompleks Kedutaan Besar Iran di ibu kota Saudi, Riyadh dibuka kembali pada Rabu (12/4) waktu setempat setelah delegasi teknis dari Iran tiba di Riyadh. Delegasi tersebut akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan di Riyadh dan Jeddah untuk mempersiapkan kedutaan dan konsulat jenderal. Hal tersebut diungkapkan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanaani, dalam pernyataannya.

Masalah Ekseskusi Seorang Ulama Syiah

Kedutaan Besar Iran di Riyadh ditutup sejak tahun 2016 lalu setelah Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran. Hal ini berawal dari perselisihan kedua negara soal eksekusi mati seorang ulama Syiah oleh otoritas Riyadh. Pada saat itu, Saudi menyerukan para diplomat Iran untuk meninggalkan Riyadh dalam waktu 48 jam, sementara para staf diplomatik Saudi dievakuasi dari kedutaannya di Teheran.

Memperbaiki Hubungan Iran-Arab Saudi

Kembalinya hubungan diplomatik antara Iran dan Arab Saudi memberikan harapan baru bagi kedua belah pihak. Setelah tujuh tahun terakhir, pembukaan Kedutaan Besar Iran dapat menjadi tonggak penting dalam memperbaiki hubungan bilateral kedua negara.

Kesimpulan

Kembalinya hubungan diplomatik antara Iran dan Arab Saudi memiliki arti penting bagi kedua belah pihak. Pembukaan kembali pintu gerbang pada kompleks Kedutaan Besar Iran di Saudi ini menjadi tanda positif bagi memperbaiki hubungan mereka. Kita harapkan, dengan keputusan ini, hubungan antara Iran dan Arab Saudi dapat semakin membaik di masa depan.