Berita Populer

جمع

Reign, Spyware Mirip Pegasus, Ancam iPhone Anda

iPhone, produk unggulan Apple, terancam oleh spyware baru yang mirip dengan Pegasus yang bernama Reign. QuaDream, sebuah perusahaan peretasan asal Israel diduga menciptakan spyware ini. Sejauh ini, spyware Reign telah ditemukan memata-matai setidaknya lima komunitas sipil di Asia Tengah, Timur Tengah, AS, Eropa, dan Asia Tenggara. Apabila Reign berhasil terpasang pada iPhone korban, spyware ini dapat melakukan banyak hal sebagai alat mata-mata, seperti merekam audio saat panggilan dan akses ke mikrofon, memotret menggunakan kamera, mengambil dan menghapus data dari keychain, membuat password 2 faktor authenticatiion iCloud, mencari file dan database, serta memantau lokasi perangkat. Saat Reign selesai digunakan, spyware ini dapat menghancurkan dirinya sendiri untuk menghilangkan jejaknya.

QuaDream diduga memiliki hubungan dengan NSO Group, perusahaan pembuat spyware Pegasus. Salah satu pendirinya bahkan adalah mantan tentara Israel yang juga merupakan mantan pegawai NSO. Spyware Reign diakui telah dibeli oleh sejumlah pemerintah, termasuk Singapura, Arab Saudi, Meksiko, dan Ghana. Namun, spyware tersebut mungkin telah ditawarkan kepada pemerintah lain, termasuk Indonesia dan Maroko.

Citizen Lab, sebuah lembaga yang meneliti hak asasi manusia, juga menemukan bahwa Reign menggunakan exploit yang ada di iOS 14, iOS 14.4, dan iOS 14.4.2, dan tidak menutup kemungkinan di versi lainnya. Exploit ini diberi nama Endofdays oleh Citizen Lab dan menyebar melalui undangan kalender iCloud yang tidak terlihat. Kiriman undangan kalender iCloud ini dikirim oleh operator spyware ke para korban tanpa diketahui para korban.

Jangan mengambil risiko dan jangan biarkan iPhone Anda rentan terhadap serangan spyware. Pastikan untuk memperbarui perangkat lunak iPhone Anda secara teratur untuk menutup celah keamanan dan mempertahankan privasi Anda.