Berita Populer

جمع

QRIS Mudah Diganti yang Palsu, Bukti Lemahnya Pembayaran QR Code

Jakarta – Viral M Iman Mahlil Lubis mengganti QRIS di kotak amal masjid ke rekening pribadi menjadi sorotan publik. Pengamat teknologi menyatakan mudahnya aksi kejahatan tersebut adalah bukti lemahnya pembayaran QR code.

Iman menempelkan stiker QRIS di kotak amal yang menyerupai aslinya. Terungkap bahwa ia melakukan aksi jahat ini di 38 masjid di Jakarta hingga Tangerang Selatan.

Total dana yang terkumpul dari QRIS palsu yang diraup oleh Iman selama 1-9 April 2023 sebesar Rp 13.060.000.

“Kelemahan pembayaran berbasis QR code termasuk penggunaan QRIS adalah salah kantong dan angka, ” kata Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi pada Selasa (12/4/2023).

Heru menambahkan bahwa hal ini membuat masyarakat harus lebih cermat dalam menggunakan pembayaran dengan memakai QR code. Adapun masyarakat dan pemberi layanan berbasis QRIS, termasuk untuk donasi perlu memastikan bahwa yang di-tap atau di-scan adalah QRIS dengan penerima transfer atau pembayaran yang benar. Kemudian pastikan nilai yang ditransfer atau dibayarkan juga sesuai.

Heru mendesak Bank Indonesia serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk bertindak cepat dalam menangani persoalan pembayaran berbasis QR code.

“Jika ada kesengajaan pihak tertentu mengganti QRIS, Bank Indonesia dan OJK harus bergerak cepat. QRIS yang menyabotase QRIS orang lain harus dibekukan dan dananya harus dikembalikan pada yang berhak. Proses hukum bisa dilakukan pada pihak yang melanggar,” ucapnya.

“Karena QRIS akan banyak digunakan, literasi dan edukasi penggunaan QRIS mutlak dilakukan pada masyarakat, baik pengguna layanan maupun pemberi layanan,” pungkas Heru.

Simak Video “Tampang Penyebar QRIS ‘Palsu’ di Masjid Istiqlal hingga Jaksel”
[Gambas:Video 20detik]

(agt/fay)