Berita Populer

جمع

Puluhan Ribu Masyarakat Bali Mendapatkan Bantuan STB untuk Migrasi Siaran TV Digital pada 20 Maret

Tangkapan layar Direktur Pengembangan Pitalebar Kemenkominfo Marvels P Situmorang dalam acara Bimbingan Teknis Distribusi Bantuan STB di Bali yang berlangsung secara hibrid, Selasa (7/3/2023). (BP/Ant)

Kemenkominfo Bersama Penyelenggara MUX memberikan Bantuan 33,835 Unit STB untuk Masyarakat di Provinsi Bali dalam Migrasi Siaran TV Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan beberapa penyelenggara multipleksing (MUX) memberikan bantuan sebanyak 33.835 unit Set Top Box (STB) kepada masyarakat di Provinsi Bali, dalam upaya menyukseskan migrasi dari siaran TV analog ke TV digital.

Marvels P Situmorang, Direktur Pengembangan Pitalebar Kemenkominfo, menjelaskan bahwa “Di seluruh Provinsi Bali, jumlah bantuan STB yang diberikan sejumlah 33.835 unit. Berasal dari penyelenggara MUX sebanyak 13.634 unit dan dari Pemerintah yakni Kemenkominfo 20.201 unit.” Ia mengungkapkan hal ini dalam acara Bimbingan Teknis Distribusi Bantuan STB di Bali yang berlangsung secara hibrid, dan dikutip dari Kantor Berita Antara pada Selasa (7/3).

Bantuan STB diberikan sejalan dengan rencana Kemenkominfo melakukan Analog Switch Off (ASO) atau penghentian siaran TV analog di seluruh wilayah Provinsi Bali pada 20 Maret 2023. Marvels menyampaikan bahwa para penerima bantuan STB merupakan masyarakat yang terdaftar dalam data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Para penerima bantuan STB tersebar di sembilan kota/kabupaten di Provinsi Bali, yaitu Kabupaten Badung, Kabupaten Bangli, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Tabanan, dan Kota Denpasar. Bantuan STB tersebut akan didistribusikan mulai dari hari ini hingga 20 Maret 2023.

Berdasarkan Marvels, terdapat dua mekanisme untuk distribusi bantuan STB. Mekanisme pertama adalah door-to-door atau secara langsung di rumah warga, yang diterapkan pada bantuan STB dari pemerintah. Sementara, mekanisme kedua adalah pooling yang digunakan untuk distribusi STB dari penyelenggara MUX. Masyarakat penerima bantuan STB akan diundang berkumpul ke satu titik, dan STB akan diberikan sesuai dengan data P3KE.

Marvels berharap agar para pemangku kepentingan dapat bekerja sama untuk kelancaran pendistribusian STB, yang akan berlangsung hingga 20 Maret 2023. Hal ini dilakukan guna menyongsong era siaran TV digital yang bersih dan canggih.

Sumber: Berita Daerah Bali