Berita Populer

جمع

Projo Menanggapi Kemesraan Jokowi dengan Ganjar Setelah Hebohnya Piala Dunia U-20: Keseimbangan


Relawan Pro Jokowi (Projo) merespons kemesraan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo setelah hebohnya gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Projo menyatakan bahwa Jokowi sedang menjaga keseimbangan politik negara.

“Pak Jokowi ini kan pemimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia, dia harus menyeimbangkan,” kata Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi dalam sebuah acara perspektif yang berjudul ‘Jokowi Masih Sakti?’ yang merupakan kerjasama detikcom dan Total Politik, pada Selasa (11/4/2023).

Menurut Budi, Jokowi tentunya mengetahui dampak dari kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Hal ini berdampak pada elektabilitas Ganjar yang menurun karena menolak Timnas Israel bermain di Piala Dunia U-20 di Indonesia sehingga akhirnya FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah.

“Semuanya kan tahu bahkan penurunan dari Pak Ganjar sangat signifikan. Karena itulah ini menyeimbangkan, tapi saya pikir ini masih cukup lama, sekitar 6 bulan lagi sampai waktunya. Jadi dinamika politik masih akan terjadi,” ucapnya.

Budi Arie menganggap bahwa pertemuan Jokowi dengan Ganjar di Boyolali dan Solo bukanlah kebetulan dalam politik. Menurutnya, tidak ada kata kebetulan dalam politik.

“Kita tahu betul politik mutakhirnya seperti apa, termasuk keadaan, situasi, dan lain-lain. Nah, ini ada semangat yang kuat, yang penting konsepnya adalah pembangunan berkelanjutan yang sudah dilakukan oleh Pak Jokowi, yang harus ditingkatkan dalam berbagai hal. Jangan sampai kekuatan politik yang ada dalam pemerintahan menjadi tercerai-berai,” jelasnya.

Seperti yang diketahui, Ganjar menemani Jokowi saat berkunjung ke Boyolali dan Solo pada Senin (10/4) kemarin. Ganjar juga mengunggah momen kemesraan mereka di akun media sosialnya. Dalam momen tersebut, ada tujuh unggahan yang menampilkan kedekatan antara keduanya.

Kedekatan Jokowi dan Ganjar semakin tampak setelah isu keretakan hubungan mereka akibat batalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia. Ganjar dikenal sebagai salah satu kepala daerah yang menolak kedatangan Timnas Israel. Batalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia diyakini merusak elektabilitas Ganjar sebagai capres. Namun, Ganjar enggan menjawab terkait turunnya elektabilitasnya dalam beberapa survei terakhir dan mengatakan hanya ingin membayar zakat melalui Baznas.