Berita Populer

جمع

Projo: Jokowi Is The Real King Maker

Jakarta

Relawan Pro Jokowi (Projo) menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai the real king maker. Ada tiga indikator mengapa Jokowi dianggap king maker oleh Projo. Apa saja tiga indikator itu?

“Jokowi real king maker. Jokowi is the real king maker dengan tiga indikasi,” kata Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi, dalam Adu Perspektif dengan tajuk ‘Jokowi Masih Sakti?’ program kerja sama detikcom dan Total Politik, Selasa (11/4/2023).

Ketiga indikator itu adalah rakyat yang percaya kepada Jokowi, relawan Jokowi yang militan, serta kekuatan partai politik pendukung Jokowi yang solid.

“Tiga indikator itu jelas bahwa Jokowi ini pasti partai-partai akan dispute (berselisih), karena kita juga sebagai insan politik juga sadar semua partai punya dalam satu titik ada kepentingan bersamanya, juga ada kepentingan partainya,” ucapnya.

Budi Arie mengatakan ketika pemilu digelar serentak mengisyaratkan bahwa partai dan anggotanya harus mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan (multitasking). Satu sisi harus bersaing dengan partai pesaing dalam memenangkan dukungannya, satu sisi juga harus bekerja sama dengan partai koalisinya.

“Bayangin coba dan itu batas tertentu saya bisa memahami bahwa partai tetap berpikir dalam perspektif partai, satu titik, tapi titik lain dia harus memenangkan capresnya, karena kemenangan capres akan membawa implikasi politik yang sangat signifikan bagi partai,” ujarnya.

(fas/dnu)