Berita Populer

جمع

Profil Jack Teixeira: Petugas Garda Nasional AS yang Bocorkan Dokumen Rahasia

Seorang petugas Garda Nasional Amerika Serikat (AS), Jack Teixeira (21 tahun), ditangkap karena diduga membocorkan dokumen militer rahasia yang mengejutkan AS dan sekutunya. Teixeira diduga membagikan dokumen tersebut di ruang obrolan gim online dan dihadapkan pada pengadilan di Boston, Massachusetts dengan tuduhan pelanggaran Undang-Undang Spionase.

Penangkapan Teixeira terlihat di rekaman udara FBI di rumah keluarganya di Dighton, Massachusetts. Dia terlihat mengenakan celana pendek dan kaos serta memiliki tangan terangkat ke arah petugas FBI bersenjata. Setelah diborgol, dia dibawa ke dalam kendaraan dan area sekitar dijaga ketat oleh petugas polisi selama penangkapan.

Teixeira tercatat sebagai anggota sayap intelijen Garda Nasional Udara Massachusetts yang berbasis di Pangkalan Garda Nasional Udara Otis di Cape Cod barat. Dia mulai bekerja pada tahun 2019 dan menjabat sebagai Petugas Sistem Transportasi Siber dengan pangkat Kelas 1 Penerbang. Posisinya ini bertanggung jawab untuk mengoperasikan jaringan komunikasi global besar Angkatan Udara AS, yang menghubungkan unit-unit yang beroperasi baik di AS maupun di luar negeri.

Dokumen yang dibocorkan Teixeira mengungkapkan informasi intelijen tentang penilaian AS atas perang di Ukraina dan termasuk informasi rahasia yang sensitif perihal sekutu AS yang mempermalukan Washington dan menimbulkan risiko bagi keamanan nasional.

Bagaimana Keamanan Dokumen Rahasia bisa Bocor?

Sejak beberapa bulan yang lalu, setidaknya 50 bahkan lebih dari 100 dokumen rahasia diunggah di Discord – platform media sosial yang populer di kalangan pemain gim. Dokumen yang diperiksa oleh BBC News berisi berbagai penilaian intelijen tentang perang di Ukraina, namun juga intelijen sensitif tentang negara-negara di seluruh dunia. Dokumen tersebut termasuk pasukan khusus Barat beroperasi di perang Ukraina, Mesir diam-diam berencana memasok roket ke Rusia, Korea Selatan ingin mengirim senjata ke Ukraina namun bimbang, dan China melakukan uji coba senjata hipersonik eksperimental.

Pada Rabu, The Washington Post menerbitkan wawancara dengan salah satu anggota ruang obrolan tempat dokumen itu pertama kali muncul. Dia menggambarkan seseorang yang menggilai senjata karismatik dan berusia awal hingga pertengahan 20-an yang bekerja di pangkalan militer yang tidak disebutkan namanya sebagai pelaku kebocoran tersebut. Dalam ruang obrolan Discord bernama “Thug Shaker Central”, dia dikenal sebagai “OG”.

Thug Shaker Central beranggotakan sekitar 20 hingga 30 anggota, kebanyakan pemuda, dari berbagai negara seperti Rusia, Ukraina, dan beberapa negara lain di Eropa, Asia, dan Amerika Selatan. Awalnya, dokumen rahasia tersebut disimpan di dalam ruang obrolan kecil, tetapi pada awal Maret, para anggota mulai mempostingnya di server Discord lain, termasuk yang didedikasikan untuk game Minecraft dan YouTuber Filipina. Dari sana, dokumen ini diunggah di papan pesan 4chan dan di aplikasi obrolan Telegram, khususnya di saluran pro-Rusia. Dalam beberapa kasus, dokumen tersebut diubah untuk meningkatkan jumlah korban Ukraina.

Pihak Pentagon terus bekerja untuk “memahami luasnya, skala, dan dampak dari kebocoran ini.” Anggota Kongres dari Partai Republik Mike Turner, ketua Komite Intelijen DPR, berjanji untuk “memeriksa mengapa ini terjadi, mengapa hal itu tidak diperhatikan selama berminggu-minggu, dan bagaimana mencegah kebocoran di masa mendatang.”

Pengakhiran

Dalam kasus ini, Jack Teixeira ditangkap karena membocorkan dokumen rahasia militer AS dan sekutunya. Kebocoran ini mengungkapkan informasi intelijen tentang penilaian AS atas perang di Ukraina, termasuk informasi rahasia yang sensitif perihal sekutu AS yang mempermalukan Washington dan menimbulkan risiko bagi keamanan nasional.