Berita Populer

جمع

Pj Gubernur DKI dan Kapolda Metro Lepas 13.541 Pemudik Gratis di Monas

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto, dan Pangdam Jaya, Mayjen Mohamad Hasan, ikut melepas keberangkatan 13.541 pemudik gratis dalam program mudik gratis dari Pemprov DKI Jakarta di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Dalam program yang digelar pada hari Senin (17/4/2023) tersebut, sebelum melakukan pelepasan, Pj Gubernur dan jajaran tampak meninjau satu demi satu bus yang akan berangkat beserta dengan pemudiknya. Selain itu, mereka pun turut berbincang dengan para pemudik menanyakan kota tujuan serta kesiapan yang diperlukan. Setelah itu, mereka pun memulai kick off program mudik gratis tersebut.

Dari data yang diperoleh mengenai arus mudik dan arus balik, sebanyak 28.506 orang mendaftar dalam program tersebut. Namun, hanya 24.164 orang yang lolos verifikasi dan klarifikasi. Jumlah tersebut meningkat hingga 25,3 persen dari target semula sebanyak 19.280 orang.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengungkapkan bahwa bus pada arus mudik sebanyak 284 dengan jumlah penumpang sebanyak 13.541. Sementara untuk arus balik, ditargetkan sebanyak 10.623 penumpang dengan jumlah bus sebanyak 216 unit bus. Dari jumlah tersebut, dua unit bus diperuntukkan untuk disabilitas.

Awalnya, Syafrin mengungkapkan bahwa jumlah ketersediaan bus untuk program mudik tersebut kurang sebanyak 13 bus. Namun, hal tersebut sudah terpenuhi berkat bantuan beberapa BUMD.

Heru Budi Hartono berharap program tersebut berjalan lancar. Dia juga mengimbau masyarakat yang hendak pulang kampung selamat sampai tujuan. Ia menyebut bahwa selama dalam perjalanan mudik, para pemudik harus menjaga kesehatan dan bersabar jika menghadapi kemacetan.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta telah menggelar program mudik gratis tahun 2023, yang terdiri dari daerah tujuan mudik dan balik gratis angkutan bus penumpang terdiri dari 19 kota atau kabupaten, yaitu:
1. Bandar Lampung
2. Palembang
3. Kuningan
4. Tasikmalaya
5. Tegal
6. Pekalongan
7. Semarang
8. Kebumen
9. Cilacap
10. Purwokerto
11. Solo
12. Sragen
13. Wonogiri
14. Wonosobo
15. Yogyakarta
16. Madiun
17. Kediri
18. Jombang
19. Malang.

Total bus yang disiapkan sebanyak 482 unit dengan rincian 278 melayani arus mudik dan 204 untuk arus balik. Pendaftaran dilakukan secara online dan offline di enam lokasi.

Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan 23 truk untuk mengangkut 690 unit sepeda motor milik pemudik. Namun, truk tersebut hanya melayani tujuan Kuningan, Tasikmalaya, Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Jombang, dan Malang.

Semoga program mudik gratis ini dapat membantu masyarakat untuk mudik ataupun pulang kampung dengan lancar dan nyaman sampai ke tujuan. Selamat berlibur bagi Anda yang melakukan mudik atau pulang kampung!