Berita Populer

جمع

Pesawat Arab Saudi Diserang di Bandara Khartoum Sudan

Pada Sabtu (15/4), pesawat milik maskapai penerbangan Arab Saudi diserang di Bandara Khartoum, Sudan. Serangan itu terjadi selama bentrokan terjadi. Menurut laporan Reuters, penumpang, awak, dan staf dievakuasi dari bandara dan dipindahkan ke Kedutaan Saudi di Ibu Kota Khartoum. Penerbangan ke dan dari Sudan ditangguhkan sampai pemberitahuan lanjutan. Inciden ini menyusul terjadinya bentrokan antara tentara Sudan dan kelompok paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF) pada hari yang sama.

Bentrokan Sudan dan RSF

Bentrokan antara tentara Sudan dan kelompok paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF) pecah pada Sabtu kemarin. Serikat dokter melaporkan sedikitnya 27 orang tewas, termasuk dua orang di bandara Khartoum dan sisanya di bagian lain Sudan. Sekitar 170 lainnya terluka dalam bentrokan itu.

Kondisi Pasca-serangan

Maskapai penerbangan Arab Saudi, Saudia ‘terkena kerusakan akibat tembakan’. Warga setempat melaporkan adanya asap hitam yang menyelimuti langit Sudan. Penduduk Khartoum ‘belum pernah melihat yang seperti ini’ dan ramai yang ketakutan serta berlari pulang.

Dampak pada Penerbangan

Penyerangan tersebut mengakibatkan penerbangan ke dan dari Sudan ditangguhkan sampai pemberitahuan lanjutan. Maskapai Saudia akan mengumumkan jadwal penerbangan yang baru setelah situasi di Sudan membaik.

Sudan dan Krisis Kekerasan

Sudan berada dalam krisis kekerasan sejak rezim Presiden Omar al-Bashir digulingkan pada tahun 2019. Situasi di negara ini tetap tidak stabil dan konflik antara kelompok bersenjata masih terjadi. Harapannya, Sudan dapat menemukan jalan menuju stabilitas di masa depan sebagai bagian dari upaya untuk mengakhiri kekerasan dan membangun masyarakat yang lebih baik.