Berita Populer

جمع

Pesan Berantai Viral: Setelah Gerhana Matahari Pasti Lebaran, Apakah Faktanya?

Jakarta – Tim detikINET menerima pesan broadcast berantai melalui platform pesan singkat WhatsApp yang mengklaim bahwa setelah gerhana matahari pasti lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Narasi tersebut mengatakan bahwa akhir bulan Ramadhan tahun 1444 H akan jatuh pada tanggal 20 April 2023 dan bahwa tanggal itu menjadi hari pertama di bulan Syawal 1444 H di Australia dan Arab Saudi. Namun, Peneliti Astronomi dan Astrofisika dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof Thomas Djamaluddin membantah bahwa informasi tersebut tidak benar.

Melalui unggahannya di Instagram, Djamal mengungkapkan bahwa gerhana matahari di Indonesia pada tanggal 20 April 2023, menunjukkan konjungsi atau bulan baru astronomi (newmoon), tetapi itu bukan pertanda awal bulan hijriyah. Ijtimak (bukti konjungsi atau newmoon) sebenarnya terjadi pada tanggal 22 Maret 2023 pukul 00.23 WIB.

Maka dari itu, jika ijtimak dianggap sebagai awal bulan, seharusnya orang-orang mulai berpuasa pada 22 Maret 2023. Namun, semua orang mulai berpuasa pada 23 Maret. Oleh karena itu, pesan berantai yang mengklaim bahwa setelah gerhana matahari pasti lebaran adalah informasi yang menyesatkan.

Tentu saja, tanggal lebaran biasanya ditentukan berdasarkan hisab atau penglihatan bulan sabit secara langsung.