Berita Populer

جمع

Perubahan Rute Mudik ke Sumatera, Mulai Besok Pemotor Menyeberang Via Ciwandan

Perjalanan mudik bagi pemudik dengan menggunakan sepeda motor menuju Sumatera akan mengalami perubahan rute seiring dengan keputusan pemerintah untuk tidak lagi melayani di Pelabuhan Merak. Kini, pemudik motor harus menyeberang melalui Pelabuhan Ciwandan yang pengoperasiannya sudah resmi diumumkan oleh pemerintah.

Pelepasan Antrean dan Pengalihan Rute Mudik

Pemindahan rute mudik diambil untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di Pelabuhan Merak. Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin, mengungkapkan bahwa penyeberangan untuk seluruh kendaraan roda 2 dan truk golongan VI-B akan dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan terhitung sejak tanggal 15-21 April 2023, sehingga diharapkan dapat mengurangi kepadatan antrean pemudik.

Rute Mudik dengan Pelabuhan Ciwandan

Pengendara sepeda motor dapat menyeberang dengan rute Ciwandan-Bakauheni pada 15-21 April 2023 ditambah rute Ciwandan-Panjang pada 19-21 April 2023. Sedangkan truk golongan V-B, pelayanan penyeberangan dari Pelabuhan Merak hanya akan dilayani pada tanggal 15-17 April 2023. Jika ingin menyeberang dari tanggal 18-21 April, pemudik harus dialihkan menuju Pelabuhan Ciwandan.

Untuk truk golongan VII-IX akan dilayani melalui Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) pada 15-21 April 2023. Jumlah kapal yang beroperasi di pelabuhan perbantuan antara lain Pelabuhan Ciwandan sebanyak 11 kapal RoRo, 2 kapal ALP, dan 1 kapal Pelni sedangkan pada Pelabuhan BBJ sebanyak 5 unit kapal.

Membeli Tiket Lebaran

Pada perjalanan mudik dengan kapal feri, khususnya di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, pengguna jasa penyeberangan diminta untuk membeli tiket Lebaran mulai dari sekarang. Pembelian tiket dapat dilakukan via aplikasi dan web Ferizy sejak H-60 sebelum keberangkatan.

Kami mengingatkan bahwa pembelian tiket melalui aplikasi resmi Ferizy harus dilakukan selambat-lambatnya H-1 sebelum tanggal keberangkatan, karena tidak akan ada lagi penjualan tiket di area pelabuhan. Pakailah aplikasi resmi Ferizy untuk memudahkan perjalanan mudik Anda.

Bagi pemudik, selalu siapkan persyaratan wajib untuk melakukan perjalanan, seperti surat keterangan vaksin COVID-19, surat keterangan bebas COVID-19, dan kelengkapan kendaraan bermotor dan pribadi lengkap.