Berita Populer

جمع

Pentingnya Mudik Lebih Awal untuk Hindari Kemacetan dalam Arus Mudik 2023

Mengingat pentingnya keselamatan dalam perjalanan mudik, pemerintah menyerukan agar masyarakat mudik lebih awal untuk menghindari kemacetan. Tindakan ini dikemukakan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, yang menyebutkan bahwa arus lalu lintas masih bergerak lancar jika mudik dimulai sejak hari ini.

Terkait hal ini, berikut adalah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan calon pemudik untuk menghindari kemacetan dalam perjalanan mudik 2023:

1. Mulai Mudik Lebih Awal

Mudik sudah bisa dimulai sejak hari ini dan akan berlangsung hingga tanggal 17 April 2023. Dalam rangka menghindari kemacetan panjang, sangat disarankan bagi masyarakat untuk memulai perjalanan mudik lebih awal.

2. Manfaatkan Diskon Tarif Tol dan Transportasi

Ada beberapa diskon tarif yang diberikan oleh beberapa pihak, seperti diskon tarif tol, transportasi udara dan kereta api yang bisa digunakan oleh calon pemudik. Diskon tarif ini akan berlangsung pada tanggal 13 hingga 17 April 2023.

3. Hindari Menggunakan Sepeda Motor

Calon pemudik diimbau untuk tidak menggunakan sepeda motor dalam perjalanan mudik. Selain berisiko tinggi dalam hal keselamatan, kendaraan bermotor lain seperti mobil dan bus juga tidak bisa digunakan bersamaan dengan sepeda motor.

4. Periksa Kendaraan sebelum Berangkat

Pastikan kendaraan yang akan digunakan dalam perjalanan mudik sudah diperiksa secara menyeluruh dan layak jalan agar tidak terjadi sesuatu dalam perjalanan mudik. Kendaraan juga harus dilengkapi dengan dokumen penting seperti SIM dan STNK agar tidak ada hambatan dalam perjalanan.

5. Perhatikan Law Enforcement di Jalan

Calon pemudik harus memperhatikan law enforcement di jalan untuk menjaga keselamatan dalam perjalanan. Perhatikan petunjuk polisi dan patuhi rambu-rambu lalu lintas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pemerintah dan aparat keamanan akan terus memantau situasi arus mudik selama periode mudik berlangsung. Selain itu, calon pemudik juga diminta untuk berkoordinasi dengan pihak yang bertanggung jawab jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Dengan mengikuti beberapa tips diatas, diharapkan calon pemudik dapat menikmati perjalanan mudik 2023 dengan lebih aman dan nyaman. Ingatlah bahwa keselamatan adalah hal yang utama dan semua pihak harus berperan aktif dalam memastikan hal tersebut.