Berita Populer

جمع

Pengguna IoT di Indonesia Meningkat, Pasar Potensial Rp 355 Triliun

Pengguna internet of things (IoT) di Indonesia semakin berkembang seiring dengan pesatnya teknologi. Sekarang, pengguna IoT sudah lebih banyak dibandingkan dengan pengguna smartphone di Indonesia. Menurut data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), jumlah pengguna IoT pada tahun 2022 diperkirakan mencapai 400 juta dan diproyeksikan akan meningkat menjadi 678 juta perangkat pada tahun 2025 setelah meningkatnya penggunaan layanan 5G.

Pasar Perangkat IoT di Indonesia

Pasar perangkat IoT di Indonesia juga diperkirakan akan tumbuh pesat dan mencapai nilai pasar sebesar Rp 355 triliun pada tahun 2022. Nilai pasar ini masih akan terus naik menjadi Rp 557 triliun pada tahun 2025 nanti. Tingkat penetrasi internet telah mendekati 80% dari total populasi Indonesia pada Januari 2023.

Layanan IoT Masih Terdominasi Segmen B2B

Vice President Startup Bandung, Nur Islami Javad, mengatakan bahwa layanan berbasis IoT masih relatif baru dan saat ini masih didominasi oleh segmen pasar business to business (B2B) dibandingkan dengan segmen business to consumer (B2C). Adopsi IoT yang sangat tinggi pada segmen B2B menunjukkan bahwa layanan ini sangat potensial di pasar korporat.

Strategi Startup dalam Menjajaki Bisnis IoT

Startup harus membangun bisnis IoT secara konsisten dan mampu mengadaptasi cara-cara berpikir dan operasi yang biasanya diterapkan oleh startup. Nur mencontohkan layanan Antares sebagai layanan IoT dari Telkom yang sudah melalui tahap teknis. Hal ini dapat ditingkatkan dengan menyertakan arahan laju usaha yang disertai ekosistem yang besar.

Memanfaatkan IoT dalam Berbagai Sektor

IoT dapat dimanfaatkan untuk memonitoring kualitas air untuk perusahaan pengelola air minum secara online. Selain itu, penggunaan IoT sudah banyak dimanfaatkan untuk memantau atau pengawasan aset pada wilayah yang sulit dijangkau seperti pengawasan kontainer pada sektor logistik atau mengidentifikasi dan mengkalkulasi biaya produksi dari segi daya konsumsi energi dalam sektor manufaktur.

Dalam bisnis IoT, ada banyak potensi yang harus dijelajahi dengan baik. Startup harus membangun bisnis IoT dengan baik dan mampu beradaptasi dengan perubahan zaman dengan tetap menjaga rasionalitas bisnis secara umum.