Berita Populer

جمع

Pemkab Bogor dan Kodim 061/Kabupaten Bogor Kolaborasi Cegah Stunting

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama Kodim 061/Kabupaten Bogor bekerja sama untuk mencegah stunting pada bayi usia 0 hingga 1.000 hari. Salah satu program yang dijalankan adalah memberikan rutin susu dan telur kepada anak-anak. Kegiatan ini dilakukan di beberapa kelurahan di Kecamatan Cibinong.

Dandim 061/Kabupaten Bogor Letkol Kav Gan Gan Rusgandara mengatakan bahwa mereka akan terus memantau perkembangan program tersebut. Jika berhasil, program ini akan dilaksanakan di wilayah-wilayah lain yang ada di Kabupaten Bogor. Tiap menggunakan kota bekerja sama dengan Posyandu, mereka akan memantau grafik naik berat badan dan tinggi badan anak.

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan menegaskan bahwa Kabupaten Bogor menargetkan bebas stunting. Terdapat penurunan angka stunting di Kabupaten Bogor sebanyak 4 persen pada tahun 2022. Meskipun penurunan persentase stunting relatif sedikit, namun jumlahnya cukup signifikan jika dibandingkan dengan wilayah lain.

Iwan Setiawan menyoroti faktor sanitasi yang menjadi penyebab stunting. Ia telah menyiapkan program seperti pengadaan air bersih untuk wilayah kumuh guna mencegah stunting pada anak-anak. Pemkab Bogor dan Kodim 061/Kabupaten Bogor sepakat untuk meningkatkan kualitas lingkungan, terutama di daerah miskin dan kumuh.

Program pencegahan stunting ini merupakan salah satu contoh solusi konkret yang dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Semoga upaya ini sukses dan dapat menginspirasi daerah-daerah lain untuk melaksanakan program serupa.

Keywords: stunting, pemkab bogor, tni, kolaborasi, program pencegahan.