Berita Populer

جمع

PAN Positif Terhadap Bergabungnya PSI ke KIB Meski Parpol Nonparlemen

PAN menyampaikan dukungan besar terhadap rencana Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yang diumumkan setelah pertemuan bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Bahkan meskipun PSI merupakan partai nonparlemen, PAN merasa senang dan akan memberikan posisi setara dengan anggota koalisi lainnya dalam proses pengambilan keputusan.

Dalam hal ini, Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, mengatakan bahwa pihaknya sangat senang apabila PSI dan Golkar bisa merajut persahabatan. Selain itu, Viva juga meyakini bahwa partai politik anggota KIB lainnya, yaitu PPP, akan turut senang dengan rencana ini.

Jika PSI resmi bergabung dengan Koalisi Besar, maka ini akan menambah nilai positif dalam memperluas basis dukungan koalisi. Menggabungkan partai politik dalam koalisi besar tentunya akan meningkatkan potensi pemenangan pasangan calon yang akan diusung pada Pilpres 2024.

Sejalan dengan itu, Airlangga Hartarto dari Partai Golkar mengatakan bahwa PSI hadir untuk mendukung Koalisi Besar dan menunjukkan relevansi Koalisi Besar dalam menjawab masalah keberlanjutan pembangunan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Kerja sama yang semakin diperlukan dan konkret antara partai politik dalam koalisi besar juga perlu dilakukan.

Dalam kesimpulannya, ketiga partai politik, yaitu PAN, Golkar, dan PPP, telah menegaskan wacana positif terhadap bergabungnya PSI ke dalam Koalisi Indonesia Bersatu. Semua pihak berharap keputusan bergabungnya PSI akan memberikan keuntungan yang besar dalam memenangkan Pilpres 2024.