Berita Populer

جمع

Memilih Asuransi Mobil Terbaik, Ketahui Informasi Pentingnya Dulu! | Berita seputar bali

Ilustrasi asuransi mobil

balipuspanews.com– Asuransi mobil akan melindungi kendaraan dari berbagai penyebab kerusakan, mulai dari kecelakaan, bencana alam hingga tindak kejahatan. Pentingnya memiliki asuransi mobil membuat pemilik kendaraan butuh informasi mengenai asuransi mobil terbaik yang bisa dipilih.

Seperti diketahui, banyak perusahaan asuransi merilis jenis perlindungan terbaik untuk kendaraan roda empat. Mulai dari asuransi mobil Honda Civic hingga asuransi mobil ACA terbaik bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

Untuk itu, Anda yang ingin mencari asuransi mobil terbaik bisa mengikuti suggestions memilihnya dari DuitPintar.com, web site edukatif dan informatif seputar asuransi milik Anugrah Atma Adiguna, yang memiliki polis-polis asuransi terbaik di Indonesia sekaligus bisa membebaskan Anda melakukan registrasi secara on-line.

Mulai dari registrasi di DuitPintar, pemilihan polis sesuai funds, hingga melakukan klaim, semuanya akan dibantu pialang asuransi Triple A. Dijamin mudah, cepat, dan aman karena Anugrah Atma Adiguna telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Apa Itu Asuransi Mobil?
Asuransi mobil merupakan asuransi yang memberikan ganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan, baik rusak parah atau sekadar lecet, dan hilang.

Dengan asuransi mobil, kendaraan akan terjamin dari biaya untuk perbaikan kerusakan di bengkel dan terjamin dari kerugian akibat pencurian dalam jangka waktu setahun.

Bahkan, beberapa asuransi mobil menawarkan profit tambahan untuk kerusakan karena hal-hal tidak diinginkan, seperti bencana alam atau kerusuhan. Dengan catatan, sesuai dengan kesepakatan polis asuransi yang dipilih.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil
Ada dua jenis asuransi mobil yang umumnya dipilih masyarakat Indonesia, yaitu:

Asuransi Mobil All Danger
Asuransi mobil All Danger atau complete memberikan perlindungan secara menyeluruh. Yaitu, mencakup kerusakan akibat kecelakaan, aksi kerusuhan, bencana alam seperti terendam banjir, dan risiko kehilangan.

Jenis ini memberi perlindungan whole dan sebanding dengan nilai preminya yang lebih mahal di bandingkan jenis TLO.

Asuransi TLO
Asuransi Whole Loss Solely (TLO) memberi perlindungan yang terbatas dan cenderung dibuat spesifik, yaitu mayoritas hanya melindungi kerusakan kecil di bawah 75% dan risiko kehilangan.

Beberapa lagi hanya melindungi kerusakan kecil pada kendaraan. Karena cakupannya yang tidak luas, jenis perlindungan satu ini bisa dimiliki dengan membayar premi yang lebih ringan.

Ideas Memilih Asuransi Mobil Terbaik
Berikut ini adalah beberapa suggestions memilih asuransi mobil agar tak salah dalam menentukan yang terbaik:

Terdaftar di OJK
Karena asuransi merupakan salah satu produk keuangan, maka penting untuk memperhatikan perusahaannya harus yang authorized. Salah satu tanda perusahaan itu authorized adalah telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jangan sekali-kali membeli asuransi di perusahaan yang tidak terdaftar di OJK. Sebab, perusahaan seperti itu sudah pasti tidak jelas dan ilegal.

Memiliki Premi yang Wajar
Jangan pernah tergiur dengan premi asuransi yang terlalu murah. Pasalnya, sudah ada aturan tersendiri yang membahas tentang premi asuransi mobil yang tertera dalam Surat Edaran Nomor 6/SEOJK.05/2017.

Dengan peraturan tersebut, perusahaan asuransi dalam menentukan premi harus mempertimbangkan beberapa aspek yaitu jenis asuransi, jenis kendaraan, kategori, uang pertanggungan, dan wilayah.

Dalam peraturan itu juga tertera bahwa premi asuransi mobil All Danger biasanya lebih tinggi bila di bandingkan asuransi Whole Loss Solely (TLO).

Memiliki Bengkel Rekanan yang Luas
Ideas lainnya yang penting dilakukan adalah memilih perusahaan yang bekerjasama dengan banyak bengkel rekanan. Semakin banyak tentu semakin bagus, apalagi perusahaan asuransi tersebut telah bekerjasama dengan bengkel yang tidak jauh dengan tempat tinggal kita.

Proses perbaikan mobil menjadi jauh lebih cepat karena Anda tidak perlu membawanya ke tempat yang jauh. Kecuali, jika perusahaan asuransi itu memberikan layanan derek free of charge dalam polis asuransinya.

Anda juga bisa memastikan bengkel yang bekerjasama dengan perusahaan merupakan bengkel resmi. Bisa memberikan garansi suku cadang asli dan perbaikan jika setelah diperbaiki rusak kembali.

Memiliki Layanan Tambahan
Coba cek di web site resmi perusahaan asuransi terkait apakah menerima layanan tambahan mulai dari derek free of charge ke bengkel, tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga, atau tambahan asuransi kecelakaan.

Jika memang perusahaan asuransi memberikan layanan tersebut tidak ada salahnya untuk dipilih. Pasalnya, memang layanan-layanan seperti itu pasti Anda butuhkan.

Dengan seluruh hal-hal penting dimiliki, yang sebaiknya tidak dipilih adalah perusahaan yang tidak memberikan manfaat utama secara maksimal.

Itulah penjelasan mengenai asuransi mobil terbaik dan suggestions memilihnya. Jadi, sudah memutuskan memiliki asuransi mobil?

Penulis: Gde Candra

Editor: Oka Suryawan