Berita Populer

جمع

Membahas Manfaat Layanan Fixed Mobile Convergence (FMC)

Jakarta – Persaingan di dunia teknologi semakin ketat. Salah satu teknologi yang tengah digaungkan adalah Fixed Mobile Convergence (FMC). Telkomsel, IndiHome, dan XL Axiata adalah beberapa perusahaan yang menawarkan layanan FMC ini. Lalu, apa manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan FMC bagi pelanggan?

FMC adalah sistem penggabungan jaringan mobile dan fixed broadband guna menyediakan layanan internet yang dapat dinikmati kapan saja dan di mana saja. Melalui FMC, pelanggan bisa mengakses internet dengan kecepatan dan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya.

Sekalipun demikian, Kepala XL Axiata, Dian Siswarini, berpendapat bahwa FMC tidak serta-merta menawarkan harga murah, melainkan pengguna akan merasakan kualitas internet yang lebih baik dari sebelumnya.

“Sebetulnya FMC itu memberikan value proposition dari pengalaman bukan di harga. Karena, kalau harga itu ada perang harga yang memberikan harga semurahnya, yang nanti kualitasnya menurun,” ujar Dian di Jakarta. Menurut Dian, kehadiran FMC akan menjamin pengalaman digital yang lebih baik bagi para pengguna.

Dalam pengoperasiannya, FMC memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan digital dengan mudah dan sederhana. Bahkan, Dian menegaskan bahwa operator seluler yang menerapkan FMC akan merasakan efisiensi dalam operasional dan penggunaan jaringan.

“Kalau bicara data traffic itu kebanyakan transport jadi harus bawa dari berbagai tempat ke international link. Sebelum FMC, itu beda layer, satu pipa untuk mobile, satu lagi buat fixed. Kalau sekarang sudah satu layar jadi ada efisiensi,” ungkap Dian.

“Kalau dulu pipanya khusus, kalau ada utilisasi rendah, itu nggak bisa dipakai untuk yang lain, tapi sekarang udah bisa karena dipakai satu layer. Jadi, efisiensi bisa 30% dari sisi transport network,” tambahnya.

Maka dari itu, FMC layak dipertimbangkan bagi siapapun yang membutuhkan layanan internet yang cepat, stabil, dan mudah diakses. Bagi operator seluler, FMC adalah sistem yang bisa meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan jaringan dan penggunaannya.

Selain untuk informasi ini, Anda juga bisa menyimak video tentang kecepatan internet di Indonesia: “Kecepatan Internet Indonesia Peringkat Terbawah se-Asia Tenggara”.

[Gambas:Video 20detik]