Berita Populer

جمع

Ma’ruf: Pemerintah akan Campur Tangan Jika Harga Melonjak Saat Lebaran


Jakarta – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin memperhatikan lonjakan harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran. Ma’ruf menyatakan bahwa peningkatan harga menjelang Lebaran selalu terjadi setiap tahun, sehingga pemerintah akan mengambil tindakan untuk ikut campur jika terjadi kenaikan harga.

“Menurut Menteri Perdagangan, harga-harga tidak meningkat dalam jumlah besar tahun ini. Namun, jika terjadi sedikit kenaikan pada saat Ramadan dan Lebaran, itu sudah menjadi kebiasaan setiap tahun. Pedagang memberikan alasan bahwa mereka harus naikkan harga untuk mengikuti suasana lebaran. Namun, kenaikan harga tidak akan terjadi secara signifikan,” kata Ma’ruf Amin dalam video yang diterima pada Selasa (11/4/2023).

“Pemerintah akan turun tangan jika terjadi kenaikan harga. Langkah-langkah pencegahan tentu saja sudah disiapkan, dan pemerintah langsung campur tangan jika terjadi kenaikan harga,” tambahnya.

Pemerintah telah melakukan berbagai tindakan untuk mencegah kenaikan harga bahan pokok menjelang lebaran. Salah satunya adalah menjaga pasokan barang dan distribusi barang agar tidak terganggu.

“Upaya pemerintah dilakukan jauh sebelum datangnya Lebaran. Kebijakan pemerintah dilakukan untuk memenuhi pasokan barang, sehingga tidak terjadi kekurangan. Jika stok di suatu daerah kurang, barang akan dialihkan dari daerah lain melalui berbagai cara termasuk keterlibatan daerah,” katanya.

Ketiga, pemerintah terus mendorong daya beli masyarakat. Pemerintah juga telah menyiapkan bantuan sosial bagi warga yang tidak mampu untuk meringankan beban mereka pada saat Lebaran.

Selengkapnya disaksikan dalam video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(yld/dhn)