Berita Populer

جمع

Mahfud Menjamin Pengelolaan Rampasan Aset di Dalam RUU Telah Selesai

Menko Polhukam Mahfud Md memastikan bahwa tidak ada lagi permasalahan terkait instansi mana yang akan mengelola rampasan aset dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Perampasan Aset. Dia menyatakan bahwa pemerintah sudah menyelesaikan urusan tersebut.

Sudah Lama Disetujui

Saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat (14/4/2023), Mahfud mengatakan bahwa masalah pengelolaan rampasan aset memang sempat menjadi perdebatan. Namun, dia menekankan bahwa masalah ini telah selesai dan bukan masalah lagi. Dia juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2016, permasalahan ini telah diselesaikan, tetapi kementerian/lembaga mana yang akan mengelolanya masih belum jelas.

Menurut Mahfud, pada saat ini semua sudah sama di tingkat pemerintah dan sudah lama selesai. Pihak pengelola rampasan aset akan diatur langsung di dalam RUU. Ia menambahkan bahwa RUU Perampasan Aset sudah diparaf oleh sejumlah menteri dan kepala lembaga dan segera akan dikirim ke DPR untuk dibahas.

Teknis RUU Rampasan Aset

Baru-baru ini, Mahfud memimpin rapat teknis mengenai Rancangan UU Perampasan Aset. Dia mengatakan bahwa naskah yang memuat keseluruhan substansi RUU sudah selesai dan telah diberi paraf oleh menteri atau kepala lembaga yang terkait. Pada rapat tersebut, disepakati untuk merapikan urusan teknis RUU Perampasan Aset yang tidak berpengaruh pada substantif yang sudah diteken para menteri.

Dalam waktu dekat, Mahfud menjamin bahwa Rancangan UU Perampasan Aset ini segera akan dikirim ke DPR. Semua hal terkait pengelolaan rampasan aset, sudah diatur secara bijak di dalam RUU. RUU ini akan memberikan lebih banyak perlindungan bagi masyarakat dalam hal keamanan dan ketertiban.

Keywords: mahfud md, ruu perampasan aset, ruu perampasan aset tindak pidana, RUU, DPR RI.