Berita Populer

جمع

KY Menerima 2.925 Laporan Sepanjang 2022, Laporan Pidana Mendominasi

Komisi Yudisial (KY) telah menerima 2.925 laporan sepanjang tahun 2022. Dari jumlah tersebut, terdapat 1.662 laporan masyarakat yang secara langsung disampaikan ke KY atau melalui kantor penghubung, pos, ataupun website. Sementara itu, 1.263 laporan sisanya disampaikan melalui surat tembusan.

Laporan yang diterima KY didominasi oleh laporan perkara pidana dan perdata. Mukti Fajar Nur Dewata, Ketua KY, menyatakan, “Dari semua laporan tersebut, perkara yang didominasi adalah laporan perkara pidana dan aliran perdata dan sisanya perkara lainnya.”

DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Sumatera Utara merupakan tiga provinsi yang paling banyak menyampaikan laporan kepada KY. “Sedangkan dari wilayah provinsi ada 3 provinsi tertinggi yang menyampaikan laporan ke Komisi Yudisial yaitu DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Sumatera Utara,” ujarnya.

KY bertanggung jawab untuk memastikan bahwa hakim dan majelis hakim memenuhi tuntutan etika dan disiplin, serta menjaga agar kehormatan dan kewibawaan profesi hakim tetap terjaga dengan baik. KY juga menjalankan tugas mengawasi perilaku hakim yang mungkin melanggar hukum atau standar etika profesi.

Tags: komisi yudisial, pidana, perdata, laporan tahunan.