Berita Populer

جمع

KPK Klarifikasi LHKPN Sekda Jawa Timur dan Pegawai Ditjen Hubla Kemenhub

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan klarifikasi terkait Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) sejumlah pejabat. Pada hari ini, KPK mengklarifikasi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono dan Pegawai Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Muhammad Rizky Alamsyah.

“Benar, hari ini Direktorat PP LHKPN mengundang Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur dan pegawai Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan untuk permintaan Klarifikasi LHKPN,” kata juru bicara KPK Bidang Pencegahan, Ipi Maryati, kepada wartawan pada Senin (10/4/2023).

Kedua pejabat tersebut telah selesai diklarifikasi oleh KPK. KPK telah meminta konfirmasi soal informasi dan data terkait harta kekayaan keduanya. Tim KPK juga telah mengkonfirmasi beberapa informasi dan data yang terkait dengan isian harta dalam LHKPN yang telah diserahkan kepada KPK.

KPK akan membandingkan proses klarifikasi yang dilakukan kepada para pejabat dengan berbagai bukti. KPK juga terbuka untuk melakukan pendalaman lebih lanjut baik dengan melakukan penelusuran terkait transaksi keuangan, sumber penghasilan, asal-usul perolehan harta, ataupun dokumen kepemilikan harta.

KPK mengapresiasi informasi dan peran serta masyarakat untuk mengawal transparansi dan akuntabilitas para penyelenggara negara atau wajib lapor melalui kepatuhannya dalam melaporkan harta kekayaan. Masyarakat dapat mengakses informasi LHKPN melalui situs https://elhkpn.kpk.go.id.

Diketahui, foto-foto tentang gaya hidup mewah istri salah satu pegawai Ditjen Perhubungan Laut di Kementerian Perhubungan bernama Muhammad Rizky Alamsyah, juga beredar di media sosial. Rizky Alamsyah disebut menjabat Pejabat Pembuat Komitmen di Ditjen Hubla. Menanggapi hal tersebut, Jubir Kemenhub Adita Irawati membenarkan foto-foto tersebut dan menjelaskan bahwa yang bersangkutan merupakan istri dari Rizky Alamsyah.

(whn/azh)