Berita Populer

جمع

KPAD Meminta ODGJ yang Melecehkan 3 Bocah di Bogor Diawasi Ketat

Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kabupaten Bogor meminta agar pria dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang diduga telah melecehkan tiga bocah perempuan di Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat agar diawasi dengan ketat. Berdasarkan hasil musyawarah antara keluarga pelaku dan keluarga korban yang difasilitasi polsek setempat, tidak dapat diproses lebih lanjut karena pelaku mengidap ODGJ sehingga berakhir damai. Sekretaris KPAD Kabupaten Bogor, Erwin Suryana, menjelaskan bahwa pihaknya tetap akan mendampingi korban dalam mengupayakan kondisi psikis dan fisik agar bisa pulih.

Kendati begitu, Erwin tetap berharap agar pelaku diawasi secara ketat oleh pihak keluarga agar tidak ada korban lainnya. Selain itu, dia juga meminta kepada orang tua untuk lebih mengawasi ketat anak-anak mereka. KPAD berharap agar para orang tua tidak lengah dalam mengawasi putra-putrinya saat bermain dan memastikan bahwa tempat anak melakukan aktivitasnya benar-benar aman dan nyaman.

OdGJ dan Pelecehan Anak
ODGJ merupakan suatu gangguan kondisi atau perilaku kesehatan mental yang sangat mempengaruhi perasaan, pikiran, dan tingkah laku seseorang mengenai kondisi sekitarnya. Salah satu bentuk gangguan ODGJ yang umum terjadi adalah perilaku menyimpang seperti menyerang atau melecehkan orang lain. Pelecehan terhadap anak merupakan tindakan tidak manusiawi yang dapat menimbulkan rasa sakit fisik maupun emosional. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita semua untuk saling menjaga dan mencegah tindakan kejahatan yang dapat merugikan pihak lain, terutama pada anak-anak yang masih rentan.