Berita Populer

جمع

Kendaraan Menerobos Barier di Simpang Santa Jaksel, Menimbulkan Kemacetan

Pada waktu tertentu, terdapat pengendara yang melanggar penutupan simpang Pasar Santa, Jakarta Selatan dan menggeser barier yang terpasang untuk bisa masuk ke arah Tendean dari Jalan Wijaya. Akibatnya, kendaraan yang melintas ke simpang tersebut belok kanan ke Jalan Kapten Tendean meskipun di larang menggunakan jalur tersebut.

Kondisi Lalu Lintas

Pantauan detikcom pada Jumat (14/4/2023) pukul 14.22 WIB, para pengendara mengabaikan barier yang ditutup dan menerobos dari Jalan Wijaya untuk menuju Jalan Kapten Tendean. Dalam situasi ini, kendaraan yang melintas di tengah simpang menjadi macet.

Kendaraan dari arah Jalan Kapten Tendean terhambat karena tertutup oleh kendaraan lain di simpang. Penutupan simpang Pasar Santa ini sebenarnya bertujuan untuk mengatasi kemacetan di Jalan Walter Monginsidi, Pasar Santa, Jakarta Selatan. Teknik rekayasa lalu lintas ini disampaikan kepada Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto dan jajarannya dengan harapan mereka dapat memperluas penyesuaian serupa di titik U-turn lainnya.

Keuntungan dari Penutupan Simpang Santa

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi mengapresiasi upaya ini. Dalam kunjungan kerjanya di Pasar Santa, Jakarta Selatan, budi berkata, “Kita sudah melihat rekayasa lalu lintas hari ini di satu titik saya minta kepada Pak Kapolda dan jajaran melihat U-turn yang lain, yang seperti ini, sehingga secara bertahap bisa mengurai kemacetan.” Setelah penutupan simpang ini, laporan arus lalu lintas persimpangan Jalan Walter Monginsidi dan Jalan Wijaya menunjukkan kecepatan terurai lebih baik.

Harapan Terkait Teknik Rekayasa Lalu Lintas

Meskipun Heru menyadari bahwa penutupan simpang ini dapat mengakibatkan ketidaknyamanan bagi sebagian warga, ia berharap masyarakat tetap mendukung upaya ini. “Pasti ada kekurangan, tetapi ketika kita hitung waktu lampu merahnya mereka bertahan itu lebih lama dibanding mereka berputar. Saya rasa begitu. Mudah-mudahan semua masyarakat mendukung,” tambah Heru.

Ke depannya, Irjen Karyoto berharap dapat memberikan arahan kepada polres-polres dan berkoordinasi dengan pihak Dishub untuk melihat titik-titik lainnya yang dapat diterapkan teknik rekayasa lalu lintas serupa agar kemacetan di beberapa titik yang ada dapat teratasi.

Keywords

simpang santa, u-turn, kemacetan lalu lintas, Jabodetabek, Jakarta Selatan