Berita Populer

جمع

Kemenperin Apresiasi Le Minerale Hadirkan Baju dari Plastik Daur Ulang

Jakarta

Plt. Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil (IKFT) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Ignatius Warsito mengapresiasi kolaborasi Le Minerale dengan model pakaian Cosmonauts. Sebab kolaborasi tersebut menghadirkan edukasi terkait pengolahan sampah menjadi barang baru. Hal tersebut diungkapkan olehnya di acara Assortment Launch di Jakarta, Rabu (5/4).

“Saya mengapresiasi kolaborasi anak-anak bangsa yang berkarya, seperti yang dilakukan oleh Le Minerale dan Cosmonauts ini. Usaha mengelola sampah plastik ini sehingga menjadi barang baru, dengan desain yang sangat mengedukasi, merupakan hal-hal yang dibutuhkan agar peta pembersihan sampah plastik bisa diselesaikan bersama,” kata Ignatius dalam keterangan tertulis, Selasa (11/4/2023).

Ia mengatakan apresiasi juga berikan karena kolaborasi tersebut menghadirkan pakaian yang memanfaatkan bahan daur ulang plastik PET. Selain itu, pakaian yang dihasilkan dari kolaborasi tersebut juga memiliki desain yang sedang digemari oleh anak muda.

“Penggunaan materials substitusi dapat menjadi alternatif yang sangat bagus. Kami menghargai upaya ini dan akan terus memfasilitasi,” tuturnya.

Sementara itu, Head of Public Relations and Digital Le Minerale Yuna Eka Kristina mengatakan kolaborasi tersebut sebagai wujud implementasi program Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional (GESN) Le Minerale yang sudah berlangsung sejak 2 tahun lalu. Gerakan tersebut bertujuan untuk mengajak berbagai lapisan masyarakat termasuk anak muda untuk bersama peduli terhadap kelestarian lingkungan.

“Kolaborasi bersama Cosmonauts merupakan salah satu wujud nyata implementasi dari program Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional (GESN) Le Minerale yang bersifat hulu ke hilir, yang telah berjalan kurang lebih setahun. GESN menjadi tujuan besar kami dalam misi dan komitmen pelestarian lingkungan,” ungkapnya.

Assortment Launch Le Minerale dan Cosmonauts Foto: detikcom/Dea Duta Aulia

Ia menjelaskan kolaborasi tersebut juga memudahkan pihaknya untuk terus terhubung dengan goal audiens yakni anak muda. Melalui desain kaos yang fashionable diharapkan mampu mendorong anak muda untuk terus peduli terhadap lingkungan.

“Oleh karena itu, mitra kolaborasi yang tepat akan memudahkan kami untuk terhubung dengan goal audiens yakni generasi muda itu sendiri. Melalui desain menarik dari Cosmonauts dan kekuatan story telling yang relevan dengan anak muda, kami berharap mereka terinspirasi untuk menerapkan sustainable way of life lewat cara yang mudah,” ujarnya.

“Salah satunya, pemilahan sampah dari rumah dapat mengantarkan sampah-sampah yang mudah didaur ulang menjadi barang baru yang lebih fungsional seperti pakaian-yang mana adalah hasil kolaborasi pada kegiatan kali ini,” tutupnya.

(ncm/ega)