Berita Populer

جمع

Keenam Bakal Cawapres Paling Banyak Diperbincangkan di Medsos

Dalam pemilihan presiden dan wakil presiden, terdapat enam bakal cawapres yang paling banyak diperbincangkan pada media sosial. Menara Digital telah melakukan riset big data selama periode 5 Januari hingga 5 April 2023, yang menunjukkan keenam kandidat tersebut adalah Erick Thohir, Sandiaga Uno, Muhaimin Iskandar, Agus Harimurti Yudhoyono, Khofifah Indar Parawansa, dan Susi Pudjiastuti.

Erick Thohir Mendominasi Perbincangan

Dalam riset big data ini, Erick Thohir berhasil mendominasi perbincangan pada media sosial dengan jumlah 81.106 data atau sebanyak 40,6% persentase perbincangan. Sedangkan Sandiaga Uno menempati posisi kedua dengan jumlah perbincangan 44.780 atau 22,5% dari persentase perbincangan. Kemudian, Muhaimin Iskandar menempati posisi ketiga dengan jumlah 34.397 data atau sebesar 17,3% dari persentase perbincangan netizen.

Di urutan keempat, Agus Harimurti Yudhoyono memiliki jumlah perbincangan sebanyak 19.391 data atau 9,7% dari persentase perbincangan netizen. Sedangkan, Khofifah Indar Parawansa menempati posisi kelima dengan jumlah perbincangan sebanyak 17.956 atau 9% dari persentase perbincangan netizen. Terakhir, Susi Pudjiastuti hanya memiliki jumlah perbincangan sebanyak 1.758, atau 0,9% dari persentase perbincangan.

Distribusi Data Perbincangan

Riset big data yang dilakukan juga menunjukkan posisi data perbincangan Erick Thohir hampir mendominasi di semua provinsi di Indonesia, kecuali di wilayah Provinsi Jawa Timur yang diduduki oleh Khofifah Indar Parawansa.

Hal unik lainnya dalam riset big data ini, meskipun posisi Agus Harimurti Yudhoyono berada di urutan keempat dan Khofifah Indar Parawansa berada di urutan kelima, namun sentimen positif kepada Khofifah lebih besar daripada Agus Harimurti Yudhoyono. Begitu pun dengan sentimen negatif, di mana Khofifah memiliki jumlah yang lebih kecil daripada Agus Harimurti Yudhoyono.

Kesimpulan

Berdasarkan riset big data yang dilakukan, Erick Thohir dan Sandiaga Uno merupakan dua bakal cawapres yang paling banyak diperbincangkan pada media sosial. Namun, masih banyak waktu untuk para kandidat calon presiden dan calon wakil presiden memberikan konsep besar dan solusi terbaik untuk masyarakat sehingga bisa mendapatkan dukungan yang lebih besar di masa depan.