Berita Populer

جمع

Karyawan Meta Kesal Fasilitas Gratis Dipangkas oleh Zuckerberg

Mark Zuckerberg terus melakukan penghematan besar-besaran di Meta, termasuk memangkas sejumlah fasilitas gratis untuk karyawan di kantor. Karyawan Meta pun ramai-ramai mengeluhkan hal ini.

Hilangnya Fasilitas Gratis di Kantor

Menurut laporan New York Times, sejumlah karyawan Meta mengeluhkan kebijakan penghematan yang dilakukan perusahaan, termasuk hilangnya beberapa fasilitas gratis, di grup chat internal.

Banyak karyawan yang menyuarakan keluhan setelah melihat pilihan makanan di kantin yang berkurang. Seorang karyawan juga mengeluhkan tidak adanya sereal dan cemilan di pantry kantor.

Hal ini tidak mengejutkan mengingat petugas kantin termasuk kelompok yang terdampak PHK besar-besaran. Pada Januari lalu, Sillicon Valley Business Journal melaporkan Meta berencana memberhentikan 120 karyawan kontrak yang bekerja di kantin kantor pusat Meta di Menlo Park, San Francisco.

Kabar ini datang setelah Meta terus melakukan penghematan besar-besaran mengikuti mantra ‘tahun efisiensi’ yang digaungkan oleh Zuckerberg. Tahun lalu Meta sudah merumahkan lebih dari 11.000 karyawan, dan bulan lalu mengumumkan akan memangkas 10.000 karyawan lagi.

Sentimen Karyawan Terhadap Perusahaan

Sembilan karyawan dan mantan karyawan Meta mengatakan isu PHK dan kekhawatiran terhadap masa depan Meta sudah mempengaruhi sentimen karyawan terhadap perusahaan. Karyawan yang masih bertahan bahkan membuat meme tentang isu PHK.

“Banyak dari karyawan yang merasa mereka ditelantarkan saat ini,” kata Erin Sumner, mantan karyawan Meta yang diberhentikan pada November 2022, seperti dikutip dari Insider, Jumat (14/4/2023). “Mereka mengatakan situasinya seperti ‘Hunger Games’ dan ‘Lord of the Flies’ di mana setiap orang berusaha membuktikan nilainya kepada perusahaan,” sambungnya.

Meta Terus Memangkas Tunjangan

Insider sebelumnya melaporkan bahwa Meta akan memangkas anggaran makanan gratis untuk karyawan. Tahun lalu, New York Times juga melaporkan bahwa Meta menggeser jadwal makan malam gratis ke pukul 18.30 dan tidak lagi menyediakan kotak makanan agar karyawan tidak lagi membawa pulang makanan ke rumah.

Pemilik Facebook dan Instagram ini juga menghilangkan program laundry dan dry-cleaning gratis untuk karyawan tahun lalu. Tidak hanya itu, Meta juga memangkas tunjangan kesehatan dan wellness sebesar USD 1.000 dan mengakhiri program subsidi Lyft sebesar USD 200 per bulan.

Dalam situasi di mana karyawan mengalami tekanan akibat kebijakan penghematan perusahaan, langkah Meta untuk memangkas tunjangan dan fasilitas gratis dapat memperburuk situasi dan mempengaruhi produktivitas karyawan. Sebagai pimpinan perusahaan besar, Zuckerberg seharusnya mempertimbangkan dampak dari setiap keputusan yang diambilnya, terutama terhadap karyawan yang memainkan peranan penting dalam kesuksesan perusahaan.