Berita Populer

جمع

Kala Santri-Pengurus Ponpes di Probolinggo Menjadi Pelopor Pesantren Hijau

Pondok pesantren (ponpes) sebagai lembaga pendidikan yang mengajarkan agama, semakin mempertajam pemahaman para santrinya akan pentingnya menjaga keseimbangan bumi melalui program pesantren hijau. Inilah yang menjadi dorongan untuk melaksanakan pelatihan Santri Penggerak Pesantren Hijau oleh LAZISNU PBNU, RMINU dan LPBINU di Probolinggo, yang didukung oleh Bank Mega Syariah.

Banyak pondok pesantren di Probolinggo yang melaksanakan program pesantren hijau dengan berbagai aktivitas, dari menanam tanaman organik, pengelolaan sampah, dan upaya mengurangi polusi. Namun, program ini memerlukan peran aktif santri penggerak pesantren hijau untuk mengajak dan memotivasi teman-temannya di lingkungan pondok pesantren.

Pelatihan Santri Penggerak Pesantren Hijau

Pelatihan santri penggerak pesantren hijau bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada santri dalam mengembangkan program pesantren hijau di lingkungan ponpesnya dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Pelatihan ini meliputi penguatan karakter, kemampuan dalam mengelola lingkungan hidup, dan pengetahuan tentang konsep hijau di lingkungan sekitar.

Para santri penggerak pesantren hijau juga diajarkan untuk mendesain program, mengidentifikasi permasalahan lingkungan, dan cara pendekatannya dalam program pesantren hijau. Dalam pelatihan ini, santri diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan saling berbagi pengalaman serta strategi mengembangkan program pesantren hijau di lingkungan ponpesnya.

Ponpes Hijau sebagai Pelopor Lingkungan Hidup

Program pesantren hijau memberikan kesadaran tentang lingkungan hidup kepada para santri dan para pengurus pondok pesantren untuk mengambil inisiatif dalam menjaga keseimbangan lingkungan serta mengurangi dampak negatif kegiatan manusia terhadap bumi. Melalui program ini, ponpes dapat menjadi pelopor dalam menggalakkan kesadaran pelestarian lingkungan hidup.

Sebagai pelopor, pondok pesantren dapat menjadi contoh dalam menerapkan program pesantren hijau di lingkungan sekitarnya dan ikut berkontribusi dalam mewujudkan lingkungan yang sehat dan lestari.

Dukungan Bank Mega Syariah

Dalam mendukung program pesantren hijau di Probolinggo, Bank Mega Syariah memberikan dukungan melalui pelaksanaan pelatihan santri penggerak pesantren hijau. Program ini diharapkan dapat memberikan manfaat positif bagi lingkungan di sekitar pondok pesantren dan memberikan pengaruh positif bagi masyarakat untuk turut menjaga lingkungan sekitar.