Berita Populer

جمع

Jerman Setujui Pengiriman Jet MiG-29 dari Polandia ke Ukraina

Otoritas Jerman telah memberikan persetujuan untuk Polandia untuk mengekspor kembali sejumlah jet tempur era Soviet ke Ukraina, yang terus diinvasi oleh Rusia. Pasokan jet tempur itu menjadi salah satu permintaan utama Kiev untuk membantu mengusir pasukan militer Rusia.

Dilansir oleh AFP pada Jumat (14/4/2023), Menteri Pertahanan Jerman, Boris Pistorius, menyatakan bahwa negaranya telah menyetujui pengiriman lima jet MiG-29 dari pasokan Tentara Rakyat Nasional (Jerman Timur).

Jet-jet tempur rancangan Soviet itu menjadi milik pasukan militer Jerman setelah reunifikasi Jerman Barat dan Jerman Timur terjadi, kemudian dijual kepada Polandia tahun 2003 silam. Di bawah kontrak penjualan, Polandia harus meminta izin kepada Jerman untuk menyerahkan jet-jet tempur itu kepada negara lainnya, dalam kasus ini untuk Ukraina yang tengah menghadapi invasi militer Rusia.

Persetujuan Berlin diperlukan karena Polandia harus meminta izin kepada Jerman terkait penjualan tersebut. Meskipun terdapat perselisihan pada beberapa bulan terakhir antara Jerman dan Polandia soal pasokan tank tempur untuk Ukraina, kini Berlin telah menunjukkan bahwa Jerman dapat diandalkan.

Subjudul:
Polandia harus Meminta Ijin ke Jerman untuk Menyerahkan Jet ke Ukraina
Menurut kontrak penjualan, Polandia harus meminta izin kepada Jerman terkait penjualan jet-jet tempur tersebut. Ini menunjukkan pentingnya kerja sama antara kedua negara dalam melakukan bisnis dan memenuhi persyaratan yang diberlakukan.

Subjudul:
Perselisihan Antara Jerman dan Polandia Terkait Pasokan Tank Tempur untuk Ukraina
Belum lama ini, Polandia menyerukan Berlin untuk menyetujui pengiriman tank tempur Leopard buatan Jerman ke Ukraina, namun perselisihan terus terjadi. Meskipun demikian, dengan adanya persetujuan ini, kerja sama di antara kedua negara masih bisa dipertahankan.

Subjudul:
Pentingnya Dukungan Terhadap Ukraina dari Negara Lain
Dalam menghadapi invasi militer Rusia, dukungan dari negara lain menjadi sangat penting bagi Ukraina. Dengan adanya dukungan dari Jerman dan Polandia, diharapkan Ukraina bisa mempertahankan kemerdekaannya dan mengusir pasukan militer Rusia dari wilayahnya.