Berita Populer

جمع

Jerman: China Meningkatkan Ketegangan dengan Latihan Militer di Taiwan

Kementerian Luar Negeri Jerman mengutarakan keprihatinan mereka terkait latihan militer Cina di wilayah Taiwan, hanya beberapa jam sebelum kunjungan Menteri Luar Negeri Annalena Baerbock ke Beijing.

Tindakan Cina dalam melakukan latihan militer di wilayah Taiwan berisiko menimbulkan bentrokan yang tidak diinginkan. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Andrea Sasse menambahkan bahwa Jerman “bekerja dengan mitra internasional kami berkontribusi pada deeskalasi” di wilayah tersebut.

Serangan dan blokade terhadap Taiwan tersimulasikan dalam latihan perang yang digelar oleh Tentara Pembebasan Rakyat Cina sebagai tanggapan atas kunjungan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen ke Amerika Serikat.

Annalena Baerbock yang berkunjung ke Beijing untuk membahas perang di Ukraina dan ketegangan di sekitar Taiwan dengan pejabat tinggi luar negeri dan pertahanan Cina diharapkan dapat membantu mendorong stabilitas dan perdamaian di kawasan tersebut.

Baerbock juga akan bertemu dengan perwakilan perusahaan Jerman dan Menteri Luar Negeri Cina Qin Gang. Selanjutnya, ia akan terbang ke Korea Selatan untuk mengunjungi zona demiliterisasi dan mengadakan pembicaraan politik di Seoul. Pada hari Minggu (16/04), dia akan mengikuti pertemuan para Menteri Luar Negeri G7 di Jepang.

Situasi di Selat Taiwan menjadi prihatin karena tindakan yang mengancam gerakan militer Cina meningkatkan risiko bentrokan militer yang tidak diinginkan. Jerman bersama mitra internasionalnya berupaya untuk memperkecil ketegangan di wilayah tersebut dan berharap semua pihak dapat berkontribusi pada stabilitas dan perdamaian.

Berita ini juga terkait dengan China, Taiwan, Jerman, dan kontroversi terbaru di Beijing. Semoga pembuat kebijakan dapat mengambil tindakan yang tepat untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan tersebut.