Berita Populer

جمع

iPhone 15 Pro Ternyata Masih Pakai Tombol Konvensional

Apple sempat dikabarkan akan mengganti tombol volume dan power pada iPhone 15 Pro dengan tombol solid state. Namun, kabar terbaru menyebutkan bahwa tidak akan terjadi. Analis Jeff Pu dari Haitong Tech yang mendapatkan informasinya dari sumber yang familiar dengan supply chain Apple mengklaim bahwa iPhone 15 Pro masih menggunakan tombol volume konvensional karena tombol solid state membutuhkan desain yang lebih rumit.

Tombol solid state sebenarnya membutuhkan tiga mesin haptic baru di dalam iPhone. Karena desain yang lebih rumit, Apple membutuhkan lebih banyak waktu untuk membuat komponen yang dibutuhkan. Kabar tentang penggunaan tombol solid state pada iPhone 15 Pro juga dikonfirmasi oleh analis ternama Ming-Chi Kuo.

Dalam postingan blognya di Medium, Kuo mengatakan iPhone 15 Pro masih dalam tahap Engineer Validation Test (EVT), yang artinya Apple masih bisa mengubah desain akhirnya. Namun, survei terbaru menunjukkan bahwa karena masalah teknis yang belum diselesaikan sebelum produksi massal, iPhone 15 Pro dan Pro Max akan meninggalkan desain tombol solid-state dan beralih kembali ke desain tombol fisik tradisional.

Meski demikian, keputusan untuk menghilangkan tombol solid state untuk iPhone 15 Pro sebenarnya karena adanya beberapa masalah teknis yang belum terpecahkan. Diharapkan dengan menghilangkan tombol solid state, Apple bisa menyederhanakan proses pengembangan sehingga tidak akan mempengaruhi jadwal peluncuran iPhone 15. Meski tidak jadi meluncur bersama iPhone 15 Pro, kemungkinan desain ini akan debut di iPhone 16 series yang meluncur pada tahun 2024.

Rumor penggunaan tombol solid state sendiri telah terdengar sejak Oktober tahun lalu. Saat itu, Kuo memprediksi bahwa Apple akan menggunakan tombol solid state yang mirip dengan tombol home di iPhone 8 untuk tombol power dan volume pada iPhone 15 Pro series. Alih-alih tombol mekanik, tombol solid state menggunakan Taptic Engine yang akan mengeluarkan haptic feedback saat ditekan.

Demikianlah kabar tentang tombol pada iPhone 15 Pro. Dengan penggunaan tombol volume konvensional pada iPhone 15 Pro, kita masih bisa menantikan fitur-fitur andalan dari Apple lainnya pada seri terbaru iPhone.