Berita Populer

جمع

Investigasi Kejagung terhadap Kasus Dugaan Korupsi Dana Pensiun Pelindo yang Rugikan Negara Rp 150 Miliar


Kejagung Usut Kasus Dana Pensiun Pelindo

Kejaksaan Agung (Kejagung) tengah mengusut dugaan korupsi Dana Pensiun Perusahaan Pelabuhan dan Pengerukan (DP4) di PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo. Diperkirakan negara mengalami kerugian hampir Rp 150 miliar.

Keterangan Ketut Sumedana Tentang Kasus DP4 Pelindo

“Kami sebagai penyidik masih berasumsi ada satu kerugian negara kurang lebih Rp 148 hampir 150 miliar,” ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumedana dalam jumpa pers di Kantor Kejagung, Jakarta Selatan, Senin (13/3/2023).

Modus Operandi Dugaan Korupsi di Kasus DP4 Pelindo

Ketut Sumedana mengungkap modus operandi dugaan korupsi pada kasus DP4 Pelindo. “Perkara DP4 Pelindo menjadi perkembangan perkara ini. Di sini, kita sudah menemukan kerugian sebesar Rp 148 miliar. Modus operandinya adalah adanya pemilihan makelar dan harga tanah yang di-mark up. Kemudian dilakukan oleh sistematika fundamental pembelian saham yang juga tidak sesuai dengan kapasitasnya,” jelasnya.

Proses Investigasi Kejagung Terhadap Kasus DP4 Pelindo

Ketut Sumedana menyampaikan bahwa tim penyidik telah memeriksa 29 orang saksi yang terkait dengan kasus tersebut serta melakukan penggeledahan di beberapa perusahaan terkait. Kejagung juga menyita beberapa dokumen penting dari hasil penggeledahan terkait kasus dugaan korupsi dana pensiun pada DP4 tahun 2013-2019 itu.

Penyidikan Terhadap Kasus DP4 Pelindo

Proses penyidikan terhadap kasus dugaan korupsi dana pensiun pada DP4 Pelindo masih berlangsung dan Kejagung akan terus melakukan tindakan yang diperlukan untuk mengusut kasus tersebut. Kami berharap semua pihak dapat memberikan dukungan serta informasi yang diperlukan agar kasus ini dapat dituntaskan dengan segera.

Halaman
1
2

Selanjutnya