Berita Populer

جمع

HNW Minta Pemerintah Fokus pada Materi & Substansi RUU Perampasan Aset

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Hidayat Nur Wahid mengingatkan pemerintah untuk lebih fokus menghadirkan materi dan substansi RUU Perampasan Aset. Ia mengimbau pemerintah agar tidak mengumbar gimmick yang justru mengaburkan masalah dan tidak diperlukan.

Pemerintah melalui Menkopolhukam Mahfud MD menyatakan akan segera mengirimkan draft RUU Perampasan Aset ke DPR. Meski ini berbeda dengan pernyataan saat raker dengan komisi III DPR pada awal April yang lalu, Hidayat menyambut positif hal tersebut.

Ia mengungkapkan bahwa DPR telah menyetujui RUU Perampasan Aset masuk dalam agenda Prolegnas 2023 sejak akhir tahun 2022. Meski DPR sudah menunggu sejak lama, ia menyebut draft tersebut ternyata baru akan dikirimkan oleh pemerintah.

Hidayat menekankan agar pemerintah fokus terhadap substansi pembahasan RUU Perampasan Aset yang lebih produktif dan dibutuhkan oleh masyarakat. Alih-alih hanya fokus pada gimmick dari pejabat pemerintah, pemerintah harus memastikan naskah akademik dan draft RUU Perampasan Aset segera disusun dan dibahas bersama DPR.

HNW juga meminta pemerintah memegang komitmen yang tinggi terhadap RUU Perampasan Aset. Ia pun berpesan agar draft RUU tersebut benar-benar segera diserahkan ke DPR untuk dibahas bersama.

Sesuai konstitusi, Indonesia adalah negara hukum. Oleh karenanya, daripada membuat gimmick-gimmick yang tidak perlu dan malah men-downgrade DPR mitra kerja pemerintah pemegang kuasa pembuatan UU, lebih baik fokus saja kepada substansinya. RUU Perampasan Aset ini bisa digunakan untuk mendukung pemberantasan korupsi di Indonesia secara lebih efektif dan berdaya guna.

Subheadings:
– Fokus pada Materi dan Substansi RUU Perampasan Aset
– Draft RUU Perampasan Aset Baru Akan Dikirimkan oleh Pemerintah
– DPR Sudah Menyetujui RUU Perampasan Aset sejak 2022
– Pembahasan RUU Perampasan Aset yang Lebih Produktif dan Dibutuhkan oleh Masyarakat
– Pemerintah Harus Memastikan Naskah Akademik dan Draft RUU Perampasan Aset Disusun dan Dibahas Bersama DPR
– Pemerintah diminta Memegang Komitmen Tinggi terhadap RUU Perampasan Aset
– Fokus pada Substansi RUU Perampasan Aset untuk Pemberantasan Korupsi yang Efektif.