Berita Populer

جمع

Harga Baju Antariksa untuk Misi Artemis 2 NASA

Setelah lebih dari 50 tahun, manusia akan kembali menginjakkan kaki di bulan melalui Misi Artemis 2 dari NASA. Namun, untuk mencapai tujuan tersebut, para astronaut membutuhkan pakaian yang mendukung mereka dalam kondisi ekstrem di lingkungan bulan yang tidak ramah.

Harga Untuk Pakaian Antariksa di Misi Artemis 2

Menurut Futurism, NASA tidak membuat pakaian astronaut yang digunakan dalam misi tersebut. Sebaliknya, NASA menghabiskan US$ 228 juta (Rp 3,3 triliun) dari total kontrak senilai US$ 1,26 miliar (Rp 18,7 triliun) yang diberikan kepada Axiom Space untuk menyediakan pakaian antariksa tersebut. Harga total untuk proyek baju astronaut ini sudah mencapai Rp 3,3 triliun, namun belum diketahui berapa baju yang akan disediakan oleh Axiom.

Jumlah Astronaut dan Harga Per Proyek

Akan ada 4 astronaut yang berangkat. Artinya, harga untuk 1 proyek baju astronaut ini adalah Rp 825 miliar. Tingginya harga tersebut memang tak dianggap oleh NASA jika sudah menyangkut keselamatan astronaut selama berada di bulan.

Tidak Hanya untuk Membuat Pakaian Biasa

Sebagai perusahaan yang bekerja di bidang antariksa, Axiom dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih yang digunakan pada baju antariksa mereka. Pakaian antariksa yang mereka produksi bukan baju biasa, namun baju yang mampu mendukung kehidupan dan sistem keselamatan yang sama seperti pada pesawat ruang angkasa. Hal ini diperlukan karena di lingkungan bulan terdapat suhu ekstrem dan perubahan suhu ekstrem yang memerlukan perlindungan ekstra untuk menjaga kesehatan astronaut.

Prestasi dari Pakaian Antariksa Buatan Axiom

Russel Ralston selaku Wakil Manajer EVA Axiom mengatakan bahwa pakaian astronaut buatan Axiom memiliki desain yang aman dan mampu berkinerja sangat tinggi dalam program Artemis. Selain itu, pakaian antariksa buatan Axiom memiliki rentang gerak yang lebih fleksibel daripada pakaian astronaut dari program Apollo sebelumnya. Karena itu, para astronaut diharapkan dapat melakukan kegiatan di bulan dengan lebih mudah.

Kesimpulan

Bagi NASA, setiap biaya yang dikeluarkan untuk memastikan keselamatan astronaut selama menjalankan tugas di bulan tentu sangatlah berharga. Adanya Axiom dan perusahaan sejenisnya memang memberikan kemudahan bagi NASA untuk lebih memfokuskan sumber dayanya ke area yang lebih penting dalam program Artemis. Semoga dengan harga yang begitu mahal, pakaian antariksa buatan Axiom dapat memberikan kenyamanan dan keamanan yang lebih pada para astronaut selama menjalankan tugas di bulan.

Sumber: detikcom