Berita Populer

جمع

File Rahasia Pentagon Membocorkan Kelemahan Sistem Pertahanan Udara Taiwan Terhadap China

Dokumen rahasia militer dari Pentagon yang dibocorkan oleh seorang tentara muda bernama Jack Teixeira di media sosial Discord mengandung berbagai informasi sensitif. Selain situasi perang Ukraina dan Rusia, dalam dokumen ini juga terdapat informasi yang memberikan gambaran jika terjadi serangan antara China dan Taiwan.

Kelemahan Sistem Pertahanan Udara Taiwan

Penting untuk dicatat bahwa dokumen ini mengindikasikan adanya kelemahan penting pada sistem pertahanan udara Taiwan. Pejabat Taiwan sendiri juga meragukan kemampuan sistem pertahanannya dalam mendeteksi rudal yang ditembakkan dari China.

Ancaman Terhadap Taiwan

Analisis dari Amerika Serikat menunjukkan bahwa hanya separuh pesawat Taiwan yang dapat mengoperasikan misi perang secara penuh jika China mengirim pasukan untuk menyerang Taiwan. Jika kelemahan pertahanan udara Taiwan tidak ditangani, maka Beijing akan mampu mengendalikan wilayah udara Taiwan dan mempertanyakan keamanan nasional Taiwan.

Latihan Militer China Dekat Taiwan

China baru-baru ini telah mengadakan latihan militer yang sangat besar di dekat Taiwan sebagai peringatan, setelah presiden Taiwan mengunjungi Amerika Serikat. China telah menganggap Taiwan sebagai provinsi yang memberontak.

Dalam dokumen itu, terungkap informasi rahasia lain, termasuk kondisi militer Ukraina, kekuatan militer Rusia, pasukan khusus dari negara NATO yang berkeliaran di Ukraina dan lain sebagainya. Kebocoran ini menjadi masalah besar karena pelakunya adalah tentara muda dan rendahan. Namun demikian, Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken membantah bahwa hal ini akan mempengaruhi hubungan antara Amerika Serikat dengan negara-negara sekutunya.

Kesimpulan

Kelemahan pada sistem pertahanan udara Taiwan mengindikasikan ancaman yang serius jika China memutuskan untuk menyerang Taiwan. Oleh karena itu, diperlukan tanggapan yang cepat dan tepat untuk mengatasi masalah ini sebelum terlambat. Bukan hanya Taiwan yang harus memperhatikan hal ini, tetapi juga negara-negara lain di dunia yang mungkin dapat terkena serangan seperti ini.