Berita Populer

جمع

Elon Musk Targetkan Hapus Centang Biru Legacy Twitter Sebelum Tanggal 4/20

Elon Musk tidak menyerah dalam menghilangkan centang biru legacy dari akun Twitter-nya. Dia berencana untuk menghapus centang biru legacy sebelum tanggal 20 April alias 4/20. Hal tersebut dapat dilihat dari cuitannya di Twitter, seperti dikutip dari TechCrunch pada Rabu (12/4/2023).

Tanggal 20 April Jadwal Terakhir untuk Menghilangkan Centang Biru Legac

Artinya, para pengguna akun Twitter yang sudah diverifikasi menggunakan mekanisme lama harus berlangganan Twitter Blue jika mereka ingin tetap memiliki centang biru. Setelah kebijakan ini diterapkan, hanya pengguna individu dan bisnis yang membayar untuk langganan Twitter Blue, serta akun entitas dan pejabat pemerintah yang bisa mendapatkan centang biru di Twitter.

Biaya Berlangganan Twitter Blue Berbeda di Tiap Negara

Biaya untuk berlangganan Twitter Blue berbeda di setiap negara. Di Indonesia, pengguna Twitter harus membayar mulai dari Rp 120.000 per bulan atau Rp 1.250.000 per tahun untuk berlangganan Twitter Blue.

Tanggal 1 April Tertunda, Tanggal 20 April Jadi Target Terakhir

Pada bulan lalu, Twitter mengumumkan bahwa centang biru legacy akan dihapus pada tanggal 1 April. Namun, seperti tenggat waktu lainnya yang dipasang oleh Musk, tanggal itu lewat begitu saja dan centang biru legacy masih tertinggal.

Akun Terverifikasi dengan Centang Biru Tergabung, Setara Berlangganan Twitter Blue atau Terverifikasi melalui Mekanisme Lama

Namun, pada tanggal 2 April, Twitter mengubah deskripsi akun yang memiliki centang biru. Sebelumnya, pengguna Twitter bisa membedakan antara akun yang memiliki centang biru legacy dengan akun yang mendapatkan centang biru lewat Twitter Blue. Kini semua akun dengan centang biru memiliki deskripsi “Akun ini terverifikasi karena berlangganan Twitter Blue atau terverifikasi melalui mekanisme lama” sehingga pengguna Twitter lainnya tidak bisa membedakan antara akun yang benar-benar terverifikasi dan akun pelanggan Twitter Blue.

Beberapa Public Figure Menolak Membayar Tetap Memiliki Centang Biru di Akun Twitter

Banyak public figure yang menolak untuk membayar untuk tetap memiliki centang biru di akun Twitter-nya, termasuk bintang NBA, LeBron James dan penulis Stephen King.

Bisnis dan Media Ternama Diharapkan Elon Membayar Verifikasi Organisasi Sebesar $1.000 per Bulan

Tidak hanya akun individu, Elon Musk juga mendorong bisnis dan media ternama untuk membayar verifikasi untuk organisasinya dengan biaya sebesar USD 1.000 per bulan. Namun, beberapa media seperti New York Times, Washington Post, dan Politico menolak membayar program verifikasi tersebut.