Berita Populer

جمع

Di Balik Kode ‘Everybody Happy’ dan Sepatu LV dalam Kasus Suap Wali Kota Bandung

Pada kasus dugaan suap pengadaan CCTV dan penyedia jasa internet dalam program Bandung Smart City, terdapat Yana Mulyana yang dituduh sebagai tersangka. Ia diduga menggunakan kode ‘Everybody Happy’ serta memberikan sepatu merek Louis Vuitton sebagai bagian dari suap pada Wali Kota Bandung, yaitu Yana Mulyana.

Ketahui Fakta Dibalik OTT

Operasi tangkap tangan (OTT) KPK dilakukan pada Jumat (14/4/2023), dan Yana ditangkap bersama sembilan orang lainnya termasuk pejabat Dishub. Tim KPK melakukan kegiatan tangkap tangan mulai siang hingga malam hari. Jumlah orang yang ditangkap sejauh ini 9 orang termasuk wali kota dan beberapa pejabat lainnya di Dinas Perhubungan Kota Bandung.

Selanjutnya pada Minggu malam (16/4), KPK menggelar konferensi pers terkait kasus Yana. Hasilnya, Yana dan enam orang pejabat di Pemerintahan Kota Bandung masuk dalam daftar tersangka dan ditahan.

Kasus Korupsi Bandung Smart City

Ketika Yana dilantik menjadi Walikota Bandung pada tahun 2022, Pemerintah Kota Bandung sudah mencanangkan Bandung sebagai kota cerdas melalui program Bandung Smart City. Salah satu layanan dalam program ini yaitu layanan CCTV dan jasa internet (ISP).

PT Sarana Mitra Adiguna (SMA) dan PT Citra Jelajah Informatika (CIFO) merupakan penyedia layanan CCTV dan jasa internet (ISP) untuk Bandung Smart City. Saat AG dengan sepengetahuan BN bersama dengan SS menemui YM di Pendopo Walikota, mereka membahas pengadaan CCTV pada Dinas Perhubungan dan Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkot Bandung.

Yana dan sembilan orang itu kemudian dibawa ke KPK untuk diperiksa intensif. Pada Desember 2022, dalam pertemuan di Pendopo Walikota, terdapat pemberian sejumlah uang dari Sony kepada Yana Mulyana. Selain uang, di dalam pertemuan itu juga dibahas pengondisian PT CIFO sebagai pelaksana pengadaan ISP di Dishub Pemkot Bandung walaupun keikutsertaan PT CIFO dalam proyek tersebut melalui aplikasi e-catalogue.

Kode Rahasia ‘Everybody Happy’

Selanjutnya, ada kode rahasia ‘Everybody Happy’. Setelah pertemuan dihadiri oleh Kadishub Kota Bandung yang bernama Dadang Darmawan. Menurut Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, diduga ada penerimaan uang oleh Dadang Darmawan melalui Khairul Rijal dan juga Yana Mulyana yang diterima melalui RH sebagai Sekretaris Pribadi sekaligus orang kepercayaan Yana Mulyana yang bersumber dari Sony Setiadi.

Mereka sempat melakukan pertemuan pada suatu waktu di Pendopo Walikota lagi. Di dalam pertemuan ini hadir dengan jumlah anggota yang sama persis dengan pertemuan sebelumnya. Dalam pertemuan itu pula, ada pembicaraan mengenai sepatu merek Louis Vuitton yang kemudian diambil oleh Yana Mulyana pada waktu terpisah.

Inti dari Kasus Suap Wali Kota Bandung

Kasus suap Wali Kota Bandung Yana Mulyana menunjukkan bahwa suatu program/ proyek tidak terlepas dari korupsi. Bahkan, beberapa pihak melakukan proses untuk memuluskan proyek tersebut di dalam kantong para pejabat. Kode rahasia ‘Everybody Happy’ serta adanya pemberian sepatu Louis Vuitton menunjukan tindakan korupsi yang semakin keterlaluan. KPK telah menangkap dan menahan Yana Mulyana bersama enam orang pejabat lainnya. Kasus ini menjadi sebuah pelajaran kita semua untuk selalu menghargai integritas dan jujur di dalam pekerjaan. Semoga kita dapat terus memerangi tindakan korupsi di negeri kita tercinta.