Berita Populer

جمع

Dewas menjamin independensi dalam menangani dugaan pembocoran dokumen KPK


Jakarta

Dewan Pengawas (Dewas) KPK memastikan akan bekerja independen dalam menangani laporan kasus dugaan kebocoran dokumen penyelidikan KPK yang dilaporkan terjadi di Kementerian ESDM dan diduga dilakukan oleh Ketua KPK Firli Bahuri. Dewas mengatakan tidak memiliki beban apapun dalam menangani perkara ini.

“Oh, independen, kenapa tidak? Kita juga pernah menyidangkan yang bersangkutan. Apakah kami memberikan sanksi yang sama dengan Pak Panggabean? Saya tidak memiliki beban. Biarlah diketahui,” ujar Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean di gedung ACLC, Jakarta, Selasa (11/4/2023).

Tumpak juga menjawab pernyataan dari mantan Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, yang menyebut Dewas KPK belum melakukan apa-apa sudah menyerah soal laporan dugaan kebocoran dokumen penyelidikan. Apa tanggapan Tumpak terhadap pernyataan tersebut?

“Bukan dimarahi, kita berbicara dengan keras kan suaranya. Saya juga keras suaranya kan, biasa-biasa saja. Mereka semua adalah rekan saya,” kata Tumpak.

Saut Sebut Dewas Belum Apa-apa Sudah Menyerah

Mantan Ketua KPK Abraham Samad dan Saut Situmorang telah melaporkan Ketua KPK Firli Bahuri kepada Dewas KPK terkait isu kebocoran dokumen penyelidikan. Namun, Samad dan Saut tak berharap banyak dari Dewas.

Saut Situmorang mengungkap momen pertemuan dengan Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean usai menyerahkan laporan.

“Yang saya tangkap dari pertemuan barusan adalah, to be honest, kita tidak pernah bisa berharap banyak dari Dewas, belum apa-apa saja mereka sudah menyerah, mereka tidak memiliki kewenangan,” ujar Saut di gedung Dewas KPK, Jalan Kuningan Persada, Jaksel, Senin (10/4).

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Halaman

1

2

Selanjutnya