Berita Populer

جمع

Depok Akan Membuat Youth Center Untuk Mencegah Tawuran


Depok

Selama Ramadan, polisi mencatat bahwa terjadi 54 kasus tawuran di Kota Depok, Jawa Barat (Jabar). Oleh karena itu, Wali Kota Depok, M. Idris, berencana untuk membuat Youth Center bagi remaja-remaja Depok agar dapat mencegah terjadinya tawuran.

“Misalnya dalam pembangunan tematik ya tahun sekian misal tahun 2025 kita sudah mempunyai Youth Center, misalnya, atau kita buat ideatur kecamatan sentra-sentra kegiatan anak-anak muda ya seperti kita punya kegiatan posyandu misalnya seperti itu,” kata Idris kepada wartawan di Balai Kota Depok, Senin (10/4/2023).

Idris berharap bahwa kegiatan tematik ini dapat diusulkan ke DPRD agar dapat diprogramkan membangun fasilitas-fasilitas tersebut. Dia mengatakan bahwa hal ini merupakan salah satu cita-citanya setelah melihat banyaknya Youth Center yang ada di Arab Saudi.

“Kita masukan kegiatan tematik ini kita sampaikan juga nanti ke DPRD untuk bisa diprogramkan untuk membangun fasilitas-fasilitas ini. Ini memang cita-cita kita ya, cita-cita saya secara pribadi lah ya Youth Center kalo di Arab Saudi itu setiap kecamatan ada Youth center. Fasilitasnya sudah luar biasa ada kolam renang karena negara kaya,” ungkapnya.

Idris berencana untuk berkolaborasi dengan pengusaha-pengusaha dalam membiayai pembangunan Youth Center tersebut. Dia juga mengatakan bahwa penerapan pendidikan karakter di sekolah-sekolah sangat penting untuk mencegah terjadinya tawuran.

“Nah kita sesuaikanlah dengan kemampuan keuangan kita. kita bisa berkolaborasi dengan pengusaha-pengusaha seperti itu. Untuk pencegahan tentunya tadi sekolah harus menerapkan tadi pendidikan karakternya kalau yang sudah ada berjalan tinggal dipertahankan ditingkatkan,” katanya.

Menurut Idris, penanganan tawuran yang marak di Kota Depok harus dilakukan secara komprehensif. Selain melalui dunia pendidikan, Idris menuturkan bahwa peran keluarga juga menjadi hal yang sangat penting.

Baca berita selengkapnya di halaman berikutnya.