Berita Populer

جمع

Bocoran Jadwal Peluncuran iPhone SE 4: Modem 5G Buatan Apple Akan Meluncur di 2025

Apple dikabarkan akan meluncurkan iPhone SE 4 pada tahun 2025 dengan modem 5G custom buatan Apple. Berdasarkan memo untuk investor yang ditulis oleh analis Jeff Pu dari Haitong International Securities, modem 5G akan diproduksi oleh mitra Apple, TSMC.

Kehadiran iPhone SE 4 Masih Menjadi Misteri

Keberadaan iPhone SE 4 sendiri masih belum dikonfirmasi. Namun pada bulan Januari 2023, analis Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa Apple membatalkan iPhone SE 4 karena masalah teknis terutama pada modem 5G custom buatannya.

Namun pada bulan Februari 2023, Kuo mengatakan bahwa Apple akan melanjutkan pengembangan iPhone SE 4 dan mengatakan bahwa iPhone SE 4 akan memiliki desain yang mirip dengan iPhone 14. Berbeda dengan rumor sebelumnya yang mengatakan bahwa iPhone SE 4 akan memiliki desain seperti iPhone XR.

Spesifikasi iPhone SE 4

Kuo juga mengatakan bahwa iPhone SE 4 akan menggunakan modem 5G buatan Apple yang dibuat menggunakan fabrikasi 4nm. Modem tersebut hanya akan mendukung jaringan sub-6GHz, bukan mmWave untuk jaringan yang lebih cepat.

Kuo memprediksi produksi massal iPhone SE 4 akan dimulai pada paruh pertama tahun 2024. Namun, Pu membantah klaim tersebut dan meyakini peluncuran iPhone SE 4 akan ditunda hingga tahun 2025.

iPhone SE 3 dan iPhone SE 4

iPhone SE 3 dilengkapi dengan modem Snapdragon X57 buatan Qualcomm yang mendukung 5G sub-6GHz. iPhone SE 3 hadir dengan layar berukuran 4,7 inci dan dilengkapi tombol Home serta Touch ID. Sepertinya iPhone SE 3 akan menjadi iPhone terakhir yang memiliki tombol Home karena iPhone SE 4 diprediksi akan memiliki desain yang sama seperti iPhone 14.

Apabila rumor ini benar, maka iPhone SE 4 pastinya akan menghadirkan banyak peningkatan dan fitur baru dibandingkan dengan pendahulunya. Kita tunggu saja pengumuman resmi dari Apple mengenai kehadiran iPhone SE 4.