Berita Populer

جمع

Apple Jajaki Produksi MacBook Pro di Thailand untuk Diversifikasi dari China

Apple, perusahaan teknologi ternama, tengah mempertimbangkan untuk memproduksi MacBook Pro di Thailand sebagai bagian dari rencana diversifikasi produksinya dari China. Apple sedang mempertimbangkan tiga penyuplai untuk opsi produksi di Thailand meskipun perusahaan tersebut sudah memproduksi Apple Watch di Thailand.

Prediksi Analis Mengenai Apple dan Thailand

Terdapat prediksi bahwa Thailand akan menjadi pusat perakitan MacBook pada Oktober 2022, menurut analis terkemuka, Ming-Chi Kuo. Sebuah sumber, dikutip oleh Apple Insider, mengklaim bahwa diskusi mengenai opsi produksi di Thailand merupakan pengembangan dari topik awal, yaitu saat Apple meminta penyuplai untuk memindahkan produksinya dari China.

Opsi Produksi di Vietnam dan Thailand

Ketiga penyuplai yang sedang dipertimbangkan oleh Apple sebelumnya diminta untuk memproduksi MacBook Pro di Vietnam, mengikuti langkah penyuplai Apple lain. Namun, mereka juga ditawari opsi alternatif untuk memproduksi di pabrik mereka yang berlokasi di Thailand yang masih memiliki sisa tempat besar yang dapat ditempati oleh klien.

Ketiga penyuplai yang dipertimbangkan sudah memiliki pabrik di Thailand. Bahkan, salah satu dari mereka bahkan merencanakan untuk membangun pabrik baru yang khusus untuk memproduksi produk Apple. Namun, mereka tetap mencari lahan di Vietnam untuk dijadikan opsi jaga-jaga jika rencana produksi di Thailand batal.

Proses Perakitan MacBook Pro di Asia Tenggara

“Karena perakitan MacBook Pro akan diawali di Vietnam, kami bisa mendukungnya dengan komponen dari pabrik yang ada di Thailand. Ini akan memakan waktu dua sampai tiga hari untuk mengurus logistik dan perizinan bea cukai,” jelas seorang eksekutif senior penyuplai Apple yang tidak ingin disebutkan namanya.

Perkembangan Produksi Apple di Asia Tenggara

Apple sedang mempertimbangkan opsi produksi di Asia Tenggara sebagai upaya diversifikasi dari China setelah peperangan perdagangan dengan Amerika Serikat. Perusahaan ini memiliki rencana untuk memindahkan 30% produksi iPads dan MacBook dari China ke Vietnam pada akhir 2022. Dengan adanya opsi produksi di Thailand dan Vietnam, Apple dapat menjamin kelancaran produksinya dan menjaga keberlanjutan bisnisnya di masa depan.

Pada akhirnya, keputusan untuk memproduksi MacBook Pro di Thailand atau Vietnam adalah tergantung pada keputusan Apple dan kesepakatan yang dicapai dengan penyuplai. Namun, dengan adanya opsi produksi di Asia Tenggara, dapat memberikan dampak positif pada perekonomian Thailand dan Vietnam serta mendukung produk-produk Apple yang berkualitas tinggi.