Berita Populer

جمع

8 Tips Cyber Security untuk Startup | Berita seputar Bali

Ilustrasi security cyber. (Sumber foto: freepik/jcomp)

Balipuspanews.com – Menjaga keamanan data perusahaan sangat penting, bahkan untuk perusahaan rintisan (startup). Karena motivasi hacker dalam membobol data perusahaan tidak selalu sama, maka terapkan tips cyber security berikut ini agar data perusahaan dapat terjamin keamanannya.

1. Perbanyak informasi tentang cyber security

Pembobolan data perusahaan dapat terjadi dengan berbagai cara, jadi pastikan untuk memperbanyak informasi mengenai cyber security agar tidak terkena masalah dari tautan berbahaya yang dibuat oleh hacker seperti tautan phising, malware dalam sebuah website, atau teknik lainnya.

2. Berikan pemahaman tentang pentingnya cyber security pada semua karyawan

Perlu diingat bahwa penting untuk memastikan bahwa seluruh karyawan memahami tentang cyber security, termasuk satpam, office boy/girl, dan karyawan lainnya. Jika karyawan tidak mengetahui tentang cyber security, perusahaan rentan terhadap pembobolan data dan tidak ada antisipasi yang cukup.

3. Pantau karyawan yang mengakses data perusahaan

Meskipun startup, memantau karyawan yang mengakses data perusahaan dapat membantu mencegah karyawan yang mungkin saja mencuri data perusahaan atau melakukan kesalahan dalam mengetik atau mengklik.

4. Ganti password secara berkala

Mengganti password data perusahaan secara berkala dapat membantu menjaga keamanan data perusahaan karena perlahan ‘hacker’ akan mengetahui informasi keamanan tersebut sehingga kemungkinan data bocor lebih tinggi.

5. Lakukan pembaruan software secara berkala

Pembaruan software menjadi hal yang penting untuk dilakukan agar keamanan data perusahaan tetap terjaga. Jika data perusahaan dibobol, informasi tersebut bisa dibekukan oleh hakcer, sehingga pembaruan perangkat lunak dapat membantu mencegah hal ini terjadi.

6. Lakukan backup dan enkripsi data secara terus menerus

Mem-backup dan mengenkripsi data perusahaan secara terus-menerus dapat memaksimalkan keamanan data dan meminimalkan Ancaman dari cybercrime.

7. Update informasi tentang hackers

Seiring dengan semakin canggihnya teknologi, ancaman hacker semakin banyak dan berbahaya. Maka, selalu update informasi tentang cara mereka menjalankan aksinya untuk meminimalkan kemungkinan kebocoran data perusahaan.

8. Manfaatkan jasa penyedia cyber security

Manfaatkan jasa penyedia cyber security oleh perusahaan Anda agar dapat menerapkan berbagai sistem keamanan terbaik seperti network firewall dan endpoint security.

Tips cyber security di atas sangat dianjurkan diterapkan oleh perusahaan rintisan (startup) untuk memaksimalkan keamanan data penting. Untuk berita menarik lainnya, kunjungi laman ini.

Penulis: Gde Candra

Editor: Oka Suryawan