Berita Populer

جمع

7 Aplikasi yang Harus Dimiliki untuk Mudik Lebaran di Tahun 2023


Yogyakarta

Perjalanan mudik bisa sangat panjang, bosan dan melelahkan. Inilah 7 aplikasi yang wajib dimiliki untuk membantu mudik Lebaran 2023.

Dalam era perkembangan teknologi yang semakin maju ini, perjalanan mudik yang dulunya membosankan dan melelahkan, kini menjadi lebih menyenangkan berkat adanya aplikasi di ponsel. Aplikasi di ponsel menjadi teman perjalanan yang penting untuk membantu navigasi, memberikan hiburan, dan informasi sepanjang perjalanan.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk menyiapkan aplikasi yang dibutuhkan untuk menjadikan perjalanan mudik Anda bersama keluarga lebih menyenangkan dan mudah.

Berikut adalah 7 aplikasi yang wajib Anda miliki untuk menemani Anda selama perjalanan mudik.

1. Aplikasi Penunjuk Arah atau Map

Salah satu aplikasi wajib yang harus dimiliki selama melakukan perjalanan mudik adalah aplikasi penunjuk arah/maps. Aplikasi tersebut akan membantu Anda menunjukkan rute perjalanan selama mudik. Jika jalanan macet, aplikasi jenis ini sangat efektif untuk menghindarinya. Anda akan diarahkan dengan alternatif rute yang lain, yang dapat ditempuh agar sampai ke tujuan lebih cepat dan bebas dari hambatan. Google Maps atau Waze adalah aplikasi umum yang banyak digunakan untuk navigasi pemudik.

2. Aplikasi CCTV Online

Ada juga aplikasi yang khusus untuk memantau CCTV online. Aplikasi ini berguna untuk memantau secara real time jalan tol yang akan dilewati saat mudik atau arus balik nanti. Aplikasi CCTV online yang bisa digunakan adalah Travoy. Aplikasi buatan Kementerian PUPR dan Jasa Marga ini, memungkinkan Anda untuk memantau CCTV jalan tol dan memberikan informasi lain seputar jalan tol.

3. Game Offline

Perjalanan mudik ke kampung halaman sering kali melewati daerah-daerah pelosok yang tidak sepenuhnya terjangkau oleh koneksi internet. Agar tidak bosan selama perjalanan, Anda bisa memainkan game offline di ponsel Anda. Tenang saja, game offline juga memiliki kualitas sebaik game online, dan lebih ringan untuk dimainkan saat tidak ada koneksi internet yang cepat. Anda bisa menginstal 2 atau 3 game offline sebagai hiburan selama perjalanan mudik supaya tidak merasa bosan.

4. Aplikasi untuk Streaming Musik dan Film

Perjalanan mudik menuju kampung halaman bisa memakan waktu yang cukup lama, bahkan bisa memakan waktu hingga berhari-hari. Untuk mengusir rasa bosan saat perjalanan mudik, Anda bisa menikmati musik atau film melalui aplikasi pemutar musik atau aplikasi streaming film. Musik kesayangan bisa menjadi teman selama perjalanan mudik. Jangan lupa menyiapkan playlist kamu sebelum melakukan perjalanan mudik. Spotify atau Resso bisa menjadi pilihan aplikasi musik, dan untuk streaming film Netflix, Disney Hotstar, Prime, Bioskop Online, Vidio dan sebagainya.

5. Aplikasi Edit Foto dan Video

Biasanya, mudik ke daerah kelahiran merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu, karena bertemu dengan keluarga dan sanak saudara yang jarang ditemui. Oleh sebab itu, tidak jarang di masa mudik para pengguna smartphone menggunakan waktu luangnya untuk mengedit foto atau video agar menjadi lebih menarik. Aplikasi edit foto dan video seperti VSCO, PicsArt atau Canva bisa dijadikan pilihan yang tepat.

6. Aplikasi untuk Booking Penginapan

Jika Anda ingin melakukan perjalanan mudik dengan menempuh jarak jauh, tidak ada salahnya untuk membawa aplikasi untuk booking penginapan. Aplikasi seperti Traveloka, Agoda, dan Booking.com bisa digunakan untuk memesan penginapan yang nyaman dan terjangkau di sekitar daerah yang dilalui saat mudik.

7. Aplikasi Jual Beli Online

Selain booking penginapan, mempersiapkan kebutuhan selama perjalanan mudik juga sangat penting. Anda bisa menggunakan aplikasi jual beli online seperti Shopee, Tokopedia atau Bukalapak untuk membeli kebutuhan selama perjalanan atau mempersiapkan kebutuhan di kampung halaman.

Halaman selanjutnya: Aplikasi edit foto-video dan booking hotel >>>


Simak Video “Catat! Titik One Way-Contra Flow Mudik Lebaran 2023
[Gambas:Video 20detik]