Berita Populer

جمع

6 Bakal Calon Presiden Paling Ramai Diperbincangkan di Medsos

Sebuah riset big data terbaru telah dilakukan oleh Menara Digital untuk diambil kesimpulan dari perbincangan netizen mengenai elektabilitas biom-bakal calon presiden pada pemilihan presiden dan wakil presiden mendatang. Berikut merupakan enam nama calon presiden yang paling banyak dibicarakan pada platform media sosial dari bulan Januari hingga bulan April 2023:

  • Erick Thohir: 81.106 pembicaraan
  • Sandiaga Uno: 44.780 pembicaraan
  • Muhaimin Iskandar: 34.397 pembicaraan
  • Agus Harimurti Yudhoyono: 19.391 pembicaraan
  • Khofifah Indar Parawansa: 17.956 pembicaraan
  • Susi Pudjiastuti: 1.758 pembicaraan

Secara persentase, urutan perbincangan netizen terhadap keenam calon presiden tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Erick Thohir: 40,6%
  2. Sandiaga Uno: 22,5%
  3. Muhaimin Iskandar: 17,3%
  4. Agus Harimurti Yudhoyono: 9,7%
  5. Khofifah Indar Parawansa: 9%
  6. Susi Pudjiastuti: 0,9%

Analisis Distribusi Data Perbincangan Netizen

Menurut hasil riset, perbincangan netizen mengenai Erick Thohir mendominasi di semua provinsi kecuali wilayah Provinsi Jawa Timur, yang didominasi oleh Khofifah Indar Parawansa. Sedangkan Sandiaga Uno mendominasi pada seluruh provinsi.

Sentimen Terhadap Kandidat

Yang menarik, hasil riset juga menunjukkan sentimen positif netizen terhadap Khofifah Indar Parawansa lebih besar daripada pada Agus Harimurti Yudhoyono. Sedangkan sentimen negatif Khofifah Indar Parawansa lebih sedikit daripada Agus Harimurti Yudhoyono.

Hasil riset ini memberikan gambaran dalam perbincangan netizen mengenai calon presiden dan wakil presiden mendatang. Kenyataan ini diharapkan dapat dijadikan tolak ukur oleh para calon untuk meningkatkan elektabilitas dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadapnya.